RESEP CARA MEMBUAT PANCAKE



Pancake disini adalah sebuah hidangan yang disajikan sebagai dessert, pancake disini disebut sebagai kue dadar yang dibuat dari tepung terigu, telur, susu tawar cair dan bahan lain yang kemudian dicampur dan dimasak diatas wajan datar yg diolesi margarine hampir sama seperti kue hanya saja disini dalam pembuatan pancake kita menggunakan wajan datar atau pan sebagai alat masaknya. 

sesuai dengan namanya yaitu pancake " pan " yang memiliki arti dimasak diatas pan dan " cake " yang memiliki arti kue yang berarti pancake adalah kue yang dimasak diatas pan, walaupun dimasak diatas pan bukan berarti kue ini memiliki teksur yang kaku melainkan memiliki tekstur yang sma lembutnya seperti cake yang dimasak dengan teknik dioven.

silahkan cek resep cara membuat pancake berikut : 
 



RESEP
PANCAKE



  • BAHAN :
    1. 100 gram tepung terigu
    2. 2 butir telur 
    3. 200 ml susu tawar cair ( 1 gelas penuh )
    4. 5 sendok makan gula pasir
    5. 1 sendok makan margarin
    6. ½ sendok teh baking powder
    7. ½ sendok teh garam halus-susu kental / madu ( sebagai pelengkap )


  • CARA MEMBUAT :
    1. Pertama campur 100 gram tepung terigu, 5 sendok makan gula pasir, ½ sendok teh baking powder dan ½ sendok teh garam halus kemudian aduk hingga tercampur rata
    2. selanjutnya  kocok 2 butir telur dengan 1 sendok makan margarine hingga tercampur dan tekstur lembut lalu tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata 
    3. sekarang adonan dari telur , margarine dan susu tadi dicampur dengan adonan tepung terigu, tuang adonan sedikit demi sedikit kedalam adonan tepung sambil diaduk hingga tercampur merata - siapkan wajan datar yang sudah diolesi margarine kemudian dipanaskan , tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur masak hingga matang lakukan hingga adonan habis. 
    4. setelah matang angkat lalu sajikan sesuai selera dengan ditambahkan susu kental vanilla atau coklat serta bisa ditambahkan es krim diatasnya. 

( note : gunakan mixer jika ingin hasil adonan yang lembut dan pekerjaan lebih cepat )
close