Cara Membuat Ayam Rica-Rica Pedas Gurih

Masakan ayam rica-rica banyak dicari oleh para pecinta kuliner dikarenakan rasa pedas khasnya yang menggugah selera.
Beberapa diantara kita mungkin mengenal dan pernah mencicipi ayam rica rica di restaurant atau rumah makan. Ya, selain kelezatan resep ayam rica rica memang mempunyai banyak penggemar dan masuk ke dalam menu beberapa restaurant terkenal. Sebut saja resep ayam rica-rica solaria yang cukup terkenal dan banyak dicari. Memang selain rasa pedasnya yang menggigit lidah, rasa gurih dan empuknya daging ayam memang cocok sekali untuk teman makan nasi. Apalagi nasi yang disajikan masih panas. Pasti membuat setiap orang yang mencobanya akan ketagihan.

Selain terkenal akan kelezatannya, ayam rica-rica juga tidak terlalu sulit kok dalam proses pembuatannya, bahkan untuk sobat yang masih dalam tahap belajar. Jika sobat tertarik dan ingin  membuat ayam rica-rica untuk di santap bersama keluarga, maka silahkan ikuti resep ayam rica-rica pedas enak dan spesial untuk keluarga berikut ini:
Bahan utama yang dibutuhkan.
1.           1 ekor ayam kampung, bersihkan dan potong potong menjadi 10 atau 8 bagian.
2.           Jeruk nipis 2 biji dan garam.
3.           Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis.
bahan bumbu lainnya
             Daun bawang sekitar 4 atau 5 lembar, buang ujungnya dan potong potong serong dengan panjang sekitar 1 cm
             Sediakan juga daun jeruk sekitar 10 lembar.
             Jangan lupa daun kemangi secukupnya ( 1 ikat )
             Jeruk nipis 1 butir
             Garam, gula pasir, dan penyedap rasa secukupnya
             Air bersih untuk rebus ayam secukupnya

Bumbu halus
1.           Sediakan bawang putih sebanyak 5 siung
2.           Kemudian bawang merah sebanyak 10 buah
3.           Cabe merah keriting kira kira 10 buah
4.           Cabe rawit merah sekitar 5 buah ( sesuaikan selera pedas anda )
5.           Jangan lupa sepotong lengkuas sekitar 1 cm.
6.           Sediakan juga jahe kira kira seruas ibu jari
7.           Sediakan juga kemiri paling tidak 5 buah
8.           Serai 2 batang, buang bagian ujungnya

Cukup mudah kan untuk membuat ayam rica-rica pedas ini untuk santap bersama keluarga tersayang. Daripada memberli direstoran lebih baik mencoba membuatnya sendiri. Silahkan dicoba dirumah, semoga berhasil.

Manfaat Dan Fungsi Ayam Bagi Kesehatan Pada Tubuh Kita
§  Membantu menurunkan kolestrol
Penelitian menemukan bahwa pemakan non vegetarian, konsumsi daging merah seperti daging babi/ham yang tinggi beresiko dapat meningkatkan kolestrol. Sedangkan pada ayam dan ikan, menempatkan resiko yang lebih rendah, resiko akan kanker kolorektal akan diturunkan di kemudian hari. Meski begitu bukti-bukti yang ada belum cukup meyakinkan.

§  Mengontrol tekanan darah
Ayam juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Akan tetapi perlu di sembangi dengan kacang-kacangan dan sayuran.

§  Kandungan protein yang tinggi
Jumlah protein yang terdapat dalam ayam adalah 18g per 100 gram ayam. Hal ini menunjukkan jumlah protein yang sangat tinggi. Jenis protein yang terdapat dalam ayam adalah asam amino yang sangat bermanfaat dalam membangun blok otot tubuh kita. Jumlah yang disarankan dalam kebutuhan diet harian adalah 1g per 1kg berat badan atau 0,4g protein per pon berat badan. Sedangkan untuk atlet, jumlahnya mencapai 0,6g atau 0,9g per kg, dua kali lipat kebutuhan sehari-hari.

§  Membantu menurunkan berat badan
Siapa bilang ayam tidak bisa menurunkan berat badan kita? Justru diet dengan kandungan protein yang tinggi sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Banyak studi dan percobaan yang telah mengontrol hal ini.

§  Merupakan sumber dan mineral yang penting
Vitamin dan mineral yang terdapat pada ayam sangat berperan penting untuk badan kita. Salah satunya adalah Vitamin B berguna untuk gangguan kulit, kelemahan, katarak, pencernaan makan, sistem saraf, migrain, ketebalan kulit, gangguan jantung, rambut beruban, diabetes, kolesterol tinggi. Vitamin A membantu menjaga penglihatan mata, Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang. Mineral seperti zat besi sangat membantu untuk pembentukan hemoglobin, aktivitas otot, dan mencegah anemia. Serta kalium dan natrium sendiri adalah elektrolit, fosfor yang sangat membantu dalam menanggulangi kelemahan, kesehatan tulang, perawatan gigi, fungsi otak, dan metabolisme tubuh.
close