RESEP CARA MEMBUAT GULAI KEPALA IKAN ACEH



Resep gulai kepala ikan aceh merupakan resep makanan tradisional dari aceh dengan kepala ikan sebagai bahan utama masakan tersebut , seperti judulnya yaitu gulai makanan ini berkuah dengan tekstur kuahnya yang sama seperti gulai kambing yang sering dijual di restoran atau pinggir jalan yaitu memiliki tekstur tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.

makanan tradisional khas aceh satu ini dikategorikan sebagai soup atau biasa disebut gulai di indonesia dengan bahan utama nya kepala ikan dan kuah dari santan serta tambahan bumbu yang membuat warna nya merah agak orange. 

Silahkan cek resep cara membuat gulai kepala ikan aceh berikut : 




RESEP
GULAI KEPALA IKAN ACEH




  • BAHAN :
    1. 1 buah kepala ikan kakap
    2. 1 sendok makan air jeruk nipis 
    3. 1 sendok teh garam
    4. 1/2 sendok teh merica bubuk
    5. 1 batang serai, geprek
    6. 250 ml santan kara ( santan siap pakai )
    7. 750 ml air
    8. 3 lembar Daun salam 
    9. 2 lembar daun jeruk purut
    10. 1 sendok makan asam
    11. 2 sendok makan kelapa parut , kemudian sangrai sampai kecoklatan
    12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
    13. Garam dan merica bubuk secukupnya
  • Bahan yang dihaluskan :
    1. 6 siung Bawang merah
    2. 4 siung bawang putih
    3. 1 buah Jahe dipotong ukuran 2 ruas jari, kemudian cincang 
    4. 1 buah Kunyit dipotong ukuran 1 ruas jari kemudian dicincang
    5. 8 buah cabai rawit merah, iris tipis / cincang agar mudah saat proses menghaluskan
    6. 4 buah cabai merah besar, iris tipis / cincang agar mudah saat proses menghaluskan
    7. 1 sendok teh jintan
    8. 1 sendok makan ketumbar



  • CARA MEMBUAT :
    1. Pertama 1 buah kepala ikan kakap ditaburi 1 sendok teh garam dan 1/2 sendok te merica bubuk lalu dilumuri dengan 1 sendok makan air jeruk nipis diamkan selama 15 menit
    2. Selagi menunggu bumbu kepala ikan kakap meresap lanjutkan dengan menghaluskan semua bumbu yaitu 6 siung Bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 buah Jahe dipotong ukuran 2 ruas jari dan 1 buah Kunyit dipotong ukuran 1 ruas jari kemudian dicincang, 8 buah cabai rawit merah, dan 4 buah cabai merah besar, iris tipis / cincang agar mudah saat proses menghaluskan, 1 sendok teh jintan dan 1 sendok makan ketumbar, haluskan hingga benar - benar halus.
    3. Selanjutnya 2 sendok makan kelapa disangrai hingga berwarna kecoklatan angkat dan sisihkan kemudian siapkan santannya 250 santan kara dicampur dengan 750 ml air kemudian aduk.
    4. Sekarang setelah semua bahan sudah disiapkan lanjut dengan proses memasak pertama panaskan minyak goreng dalam wajan lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan saat menumis masukan 1 batang serai geprek , 3 lembar Daun salam robek dan 2 lembar daun jeruk purut robek lanjut tumis hingga tercium aroma harum, masukan kepala ikan aduk - aduk sebentar saja.
    5. Selanjutnya tuangkan santan yang sudah dicampur dengan air tadi dan masukan 1 sendok makan asam lalu aduk hingga tercampur rata, lanjutkan masak hingga santan / kuah mulai berkurang  kecilkan api lalu masukan kelapa parut yang sudah disangrai , aduk hingga tercampur rata jangan lupa tambahkan garam dan merica secukupnya aduk lagi cicip rasa bila sudah terasa lanjut masak sampai matang jangan sampai kuah santan habis ! , setelah matang langsung angkat dan sajikan. 
    6. Untuk penyajian silahkan sajikan bersama garnish atau taburan bawang goreng
close