Cara Membuat Jus Buah Nanas Dan Manfaat Dari Buah Nanas Buat kita

Pada kesempatan kali ini saya  akan membagikan resep dan cara membuat jus buah yang terbuat dari bahan dasar buah nanas yang sudah memiliki kematangan yang pas atau yang sering disebut dengan nama jus buah nanas. Jus buah memang dapat dibuat dengan berbagai macam jenis buah, namun untuk kesempatan kali ini saya akan memilih buah nanas yang sudah matang kemudian dibuat menjadi minuman dingin yang begitu menyegarkan. Selain dapat dibuat menjadi minuman, buah nanas ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa karena buah nanas dapat menyembuhkan infeksi pada saluran pencernaan, mengatasi gangguan pada ginjal dan dapat mencegah masuknya penyakit berbahaya yang lainnya.

     Bahan-bahan yang dibutuhkan sebagi berikut:
           1.       Buah nanas segar
           2.       Gula pasir
           3.       Susu kental manis rasa vanilla
           4.       Air putih matang

     Cara membuat jus buah nanas:
1.       Kupas kulit buah nanas sampai bersih, pastikan tidak ada kulit nanas yang tersisa.
2.       Kemudian cuci buah nanas sampai bersih, usahakan gunakan air matang untuk mencucinya.
3.       Potong buah nanas menjadi beberapa bagian supaya mudah di blender.
4.       Siapkan blender, lalu masukkan buah nanas tadi ke dalamnya.
5.       Masukkan gula pasir secukupnya ke dalam blender, atau sesuai selera.
6.       Masukkan pula susu kental manis sesuai selera Anda.
7.       Selanjutnya, tuangkan air putih matang yang telah disiapkan, secukupnya.
8.       Blender hingga tercampur rata.
9.       Jus nanas siap dinikmati di siang hari yang terik sebagai pelepas dahaga.

 Demikianlah informasi yang saya bagikan semoga resep mengenai jus nanas yang paling nikmat ini bisa kalian buat sendiri dirumah kalian masing-masing. Semoga bermanfaat.

1.       Memperkuat sistem kekebalan (imun) tubuh
Sistem imun tubuh yang baik, mencegah timbulnya penyakit seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga yang sangat parah seperti penyakit bronkitis. Selain itu kandungan bromelain di dalam buah nanas dikenal sebagai zat anti kanker Nanas mencegah kanker dan melindungi tubuh dari radikal bebas.
Nanas kaya akan kandungan bromelain. Pada penelitian yang dilakukan Queensland Institute of Medical Research menunjukkan hasil bahwa terdapat dua molekul penting yang ada pada kandungan bromelain, yakni CCS dan CCZ. CCS berfungsi untuk menahan protein Ras yang ditemukan pada 30 % penyakit kanker. Adapun CCZ berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, guna mengenali dan menghancurkan sel kanker. Keduanya molekul tersebut diyakini berkhasiat dalam mencegah perkembangan sel-sel tumor pada payudara, paru-paru, usus besar, ovarium, dan melanoma. Selain itu, kandungan bromelain dipercaya berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan dampak negatif setelah menjalani kemoterapi. Kemudian, Nanas memiliki kandungan mangan yang sangat baik. Dimana mangan memiliki fungsi untuk menghambat radikal bebas. Nanas kaya akan vitamin C, yang merupakan salah satu antioksidan alami yang berkhasiat untuk menurunkan resiko kanker.

2.       Kaya akan kandungan vitamin C.
Buah nanas memiliki kandungan bromelain dan vitamin C yang tinggi, dengan kaya antioksidan, yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak pada arteri atherosclerosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung.

3.       Kesehatan tulang
Kandungan Magnesium dan kalsium pada buah nanas bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat tulang dan juga jaringan ikat.

4.       Kaya akan kandungan serat.
Pada buah Nanas juga memiliki kandungan serat yang penting untuk menyehatkan dan mengoptimalkan kerja usus, yang juga dapat mengobati cacingan dan menghilangkan (membuang) penumpukan racun yang ada di ginjal dan hati.

5.       Mengatasi rasa nyeri.
Hal cukup unik bahwasannya jus nanas segar merupakan minuman yang sangat penting untuk para binaragawan, hal itu disebabkan dari kandungan bromelain yang didalamnya, yang bermanfaat untuk mengatasi sakit pada otot tubuh.
Sehingga buah nanas ini dapat dimanfaatkan untuk nyeri sendi, selain itu berperan dalam meminimalisir terjadinya pembekuan darah.

6.       Kesehatan pencernaan
Jus nanas dapat Kamu manfaatkan untuk mengobati penyakit konstipasi, sembelit, dan juga rasa mual. Kemudian, mengkonsumsi nanas (dalam jumlah yang tidak berlebihan) memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan pencernaan.
Selain itu, nanas mengandung serat, salah satu nutrisi sangat direkomendasikan untuk menjaga keteraturan usus.Enzim alami yang terkandung dalam jus nanas juga memainkan peran penting dalam peningkatan fungsi usus. Selain itu, kaya akan vitamin C membantu tubuh menjadi lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. Jus nanas bertindak sebagai pencahar alami sehingga merupakan alternatif yang baik untuk stimulan aksatif yang dapat untuk mengatasi sembelit dan buah nanas adalah resep obat pencahar alami. Untuk anak-anak yang menderita sembelit ringan, sebaiknya minum setengah cangkir jus nanas setiap pagi. Untuk orang dewasa dengan sembelit ringan, yang disarankan biasanya minum segelas jus nanas yang beberapa saat kemudian (5-15 menit) diikuti dengan minum segelas air. Enzim bromelain berperan dalam memecah protein dalam makanan, tujuannya agar makanan bisa dicerna dengan baik di dalam usus. Sehingga, tidak jarang nanas digunakan untuk melunakkan daging. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Clinical Immunology 2008 lalu, bahwa kandungan bromelain memiliki sifat anti inflamasi, yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan dan penyakit pada usus besar, seperti salah satunya cacingan.

7.       Meredakan peradangan.
Kandungan mromelain bisa berperan sebagai zat anti peradangan, anti pengentalan darah, dan anti kanker. Pada penelitian yang dilakukan para ahli, memberikan hasil bahwa mengkonsumsi nanas secara teratur dapat membantu melawan arthritis dan juga masalah pencernaan. Kandungan bromelain sering dimanfaatkan dalam mengatasi masalah peradangan pada kulit. Seperti untuk mengobati memar di tubuh, kesleo, mengurangi bengkak, serta dapat mengurangi rasa sakit yang diderita.

8.       Penyembuhan cepat
Terdapat kandungan di dalam nanas yang bersifat sebagai anti-inflamasi, yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi dan luka dengan lebih cepat. Agar luka menjadi cepat sembuh, untuk obat luarnya, bisa mengoleskan jus nanas pada tempat yang sakit.

9.       Kesehatan jantung
Memperlancar kerja jantung dan mengurangi terjadinya pembekuan darah dalam aliran darah.
Sejumlah penelitian, seperti di Finlandia dan China, masing-masing penelitian menunjukan hasil bahwa asupan vitamin C yang mencukupi untuk tubuh bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

10.   Menyegarkan tubuh.
Buah nanas ini sangat menyegarkan tubuh, terutama di siang hari, sembari menghilangkan lelah dan jenuh setelah bekerja seharian.

11.   Menjaga kesehatan gusi
Kandungan vitamin C yang tinggi berfungsi untuk menurunkan resiko peradangan gusi, dan juga penyakit lainnya yang berhubungan dengan gusi.

12.   Pencegahan Katarak
Vitamin C memainkan peran yang penting dalam masalah kesehatan mata. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin C berkhasiat untuk mengurangi risiko katarak. Para ahli bahkan tidak sedikit menyarankan untuk mengkonsumsi kandungan vitamin C ini sebagai pencegahan utama dari bahaya resiko katarak.

Itulah beberapa manfaat dari buah nanas bagi kesehatan kita semoga informasi tentang manfaat buah nanas bisa bermanfaat bagi kita semua.
close