Resep Soto Ayam

Soto ayam merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat fenomenal. Masakan ini banyak ditemui di seluruh daerah di nusantara, daging ayam yang lezat dipadu dengan kuah yang bumbui dengan beragam rempah asli Indonesia membuat kuliner ini menjadi idola.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat soto ayam sendiri, berikut ini kami sajikan beberapa resep soto ayam khas nusantara.

Aneka Resep Soto Ayam
Resep soto ayam di bawah ini merupakan aneka resep soto ayam dari berbagai daerah di nusantara.

1. Resep Soto Ayam Santan
Aneka resep soto ayam santan menjadi salah satu resep yang paling banyak diinginkan dan dicari pada mesin pencari google. Resep dengan bahan bersantan memang dikenal dengan rasa gurih dan legit. Nah, untuk memulai masakan soto ayam santan, tentu memiliki resep yang perlu Anda persiapkan. Diantaranya, bahan-bahan, bumbu halus, dan pelengkap untuk proses pembuatan soto ayam.

Bahan:
½ kg ayam
200 ml santan kental
1 liter air
3 buah kentang
1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
3 lemar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
2 cm jahe
2 buah Batang serai
1 Batang daun bawang iris
Secukupnya garam
Secukupnya gula
Bumbu halus:
6 buah cabe merah keriting
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
2 cm kunyit
½ dsdt ketumbar
½ sdr merica
Pelengkap:
Secukupnya bihun yang sudah di rebus
Acar timun/wortel
Jerups nipis
Kerupuk
Bawang merah
Saos sambal dan saos tomat
Cara membuat Soto Ayam Santan:
Cara membuat soto ayam santan, adalah sebagai berikut:

Potong dan bersihkan ayam, berikan garam dan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit lalu cuci bersih dan rebus sampai empuk. Angkat, goreng lalu suwir-suwir dan sisihkan (air kaldunya jangan dibuang karena akan dijadikan kuah soto)
Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan garam, gula dan bumbu cemplung. Tumis sampai wangi, jika sudah matang matikan kompor.
Masukkan bumbu yang sudah ditumis dalam kaldu atau air rebusan ayam tadi, masak sampai mendidih. Lalu masukkan santan, aduk terus agar santa tidak pecah. Koreksi rasa, jika sudah sesuai, masukkan daun bawang dan matikan kompor.
Cara penyajian: dalam mangkok taruh bihun dan ayam suwir, lalu siram dengan kuah soto. Tambahkan di atasnya bawang goreng, acar, kerupuk dan saos.
Selesai.
close