Resep Rolade Tahu dengan Saus Asam Manis


Rolade tidak melulu harus terbuat dari ayam atau daging.

Seperti resep kali ini, saya membuat rolade dari tahu. Jadi jika anda bosan dengan tahu yang hanya di goreng saja resep rolade tahu ini wajib anda coba. Memang agak repot membuat rolade ini. Mulai dari membuat dadar kulit, membuat adonan, menggulungnya, mengukusnya, dan menggorengnya. Ditambah lagi membuat saus pendamping si rolade. Tapi hey! Usaha lebih tentu pasti menghasilkan makanan yang lebih wow juga kan?

Jangan dulu membayangkan posesnya tapi niatkan dulu dalam hati agar misi membuat tahu lebih wow ini sukses.



Resep rolade ini agak beda dengan resep kebanyakan. Tahu dalam resep saya hancurnya kemudian saya peras hingga airnya keluar sehingga tahu tidak terlalu basah. Selain itu saya juga menambahkan tepung terigu, tepung tapioka, dan baking powder pada adonan rolade. Sehingga hasil akhirnya nanti rolade tidak begitu kenyal seperti rolade pada umumnya. Jadi menurut saya rolade tahu ini cocoknya disajikan setelah digoreng dibandingkan hanya setelah dikukus saja.

Bumbu rolade tahu di resep ini sangatlah simpel.

Yakni berupa bawang merah, bawang putih, merica hitam butiran, ketumbar butiran, dan garam yang di haluskan serta gula pasir. Merica hitam bisa diganti dengan merica putih biasa. Saya menggunakan merica hitam karena stok dirumah masih banyak. Ketumbar diresep optional, bisa di skip dan tidak begitu berpengaruh di rasa.

Kiri : kulit rolade pertama. Kanan : kulit rolade kedua.

Untuk membuat kulit rolade saya mencampur telur dengan tepung terigu, garam, dan air.

Bisa di bilang kulit reolade ini tidak full telur. Karena telalu boros menurut saya jika satu kulit menggunakan satu telur. Jaman sekarang harus pintar-pintar berhemat agar saat tanggal tua tidak begitu nyesek melihat dompet. Hehe.

Saat membuat kulit, olesi terlebih dahulu pan/teflon yang akan digunakan dengan minyak. Pan harus panas terlebih dahulu. Baru tuang adonan kulit dan langsung miring-miringkan pan ke kanan dan kiri hingga adonan memenuhi pan. Kulit pertama mungkin tidak begitu mulus. Tapi yang kedua dan seterusnya akan mulus tanpa gerindil.



Lihat juga resep gorengan lainnya :

Saat menuang adonan kulit saya tidak menggunakan sendok sayur. Saya langsung menuangnya dari mangkok sampai adonan kulit memenuhi pan. Saat adonan sudah penuh merata di pan maka hentikan menuang adonan. Masak sampai bagian pinggir sedikit mengering dan bagian tengah tidak basah seperti adonan saat mentah. Langsung angkat dari pan dan tidak perlu dibalik. Saat akan menuang adonan kulit berikutnya maka tidak perlu mengoles minyak lagi.


Adonan rolade tahu yang telah dibumbui kemudian dibagi sesuai jumlah kulit yang ada. Saya membaginya menjadi lima karena kulit yang saya hasilkan hanya lima buah. Jika ada berhasil membuat kulit lebih dari lima maka bagi adonan menjadi lebih dari lima juga. Misalkan anda bisa membuat enam kulit maka bagi adonan rolade tahu menjadi enam bagian.


Letakkan adonan pada pinggir kulit dan mulai lah menggulung. Dibagian akhir beri perekat yang terbuat dari tepung terigu dan air yang diaduk rata dengan cara mengolesnya menggunakan ujung jari telunjuk. Saya kemudian membungkusnya dengan daun pisang. Ada bisa menggatinya dengan kertas baking jika daun pisang tidak ada. Karena menggunakan daun pisang, warna kulitnya jadi agak kehijau-hijauan. Saya sarankan jangan membungkusnya dengan plastik, karena jika terkena panas plastik akan bahaya bagi kesehatan. Tapi jika plastik itu sudah food grade silahkan saja ya, kembali ke pendapat masing-masing.

Adonan kemudian dikukus hingga matang. Setelah matang, potong-potong dan siap untuk digoreng.


Untuk sausnya, saya membuat saus asam manis. Di resep saya menggunakan minyak wijen. Anda bisa men-skip-nya jika tidak ada atau jika anda tidak terlalu menyukai aromanya.

Sebagai pelengkap saya menggunakan kentang goreng kemasan yang siap goreng. Jika anda ingin membuatnya sendiri silahkan klik disini untuk melihat resepnya. Disitu adalah resep steak daging cincang dengan potato wedges sebagai pelengkap. Anda tinggal memotong kentang menjadi stik dan ikuti langkah-langkahnya sesuai pada resep.

Oke, berikut step by step resep rolade tahu dilengkapi foto!


Rolade Tahu dengan Saus Asam Manis

Bahan adonan tahu :
- 10 buah (450 gram)  tahu putih
- 1 butir telur
- 4 sendok makan tepung terigu
- 3 sendok makan tepung tapioka
- 1 sendok teh baking powder
- 5 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 sendok teh merica hitam butiran
- 1/2 sendok teh ketumbar butiran (optional)
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan minyak

Bahan kulit rolade :
- 2 butir telur
- 2 sendok makan tepung terigu
- 1/2 sendok teh garam
- 100 ml air
- Sedikit minyak, untuk mengolesi pan

Bahan perekat, aduk rata :
- 1 sendok makan tepung terigu
- 2 sendok makan air

Bahan lainnya :
- Minyak agak banyak, untuk menggoreng rolade

Bahan saus asam manis :
- 3 siung bawang putih
- 3 buah cabai merah
- 3 sendok makan saus tomat
- 1/2 sendok makan cuka
- 1/2 sendok makan kecap asin
- 1 sendok teh minyak wijen (optional)
- 1/2 sendok teh cabai bubuk
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 200 ml air
- 1/2 sendok makan tepung tapioka atau 1 sendok makan tepung maizena larutkan dengan 50 ml air, untuk pengental
- 1 sendok makan minyak, untuk menumis

Pelengkap :
Kentang goreng

Cara membuat :
Membuat kulit rolade


Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan kulit rolade kecuali minyak. Aduk hingga tercampur rata.

Siapkan pan/wajan anti lengket, olesi dengan sedikit minyak dan panaskan. Tunggu hingga pan benar-benar panas. Tuang adonan kulit sambil mengangkat pan dan miringkan kekiri dan kekanan hingga adonan kulit merata keseluruh pan. Hentikan menuang saat adonan sudah memenuhi pan.

Masak terus hingga bagian pinggir kulit mengering dan mengelupas dari pan. Tunggu hingga bagian tengah tidak basah seperti saat adonan masih mentah. Angkat dan tidak perlu dibalik. Lakukan hingga adonan habis. Saya mendapatkan 5 buah kulit.

Kulit pertama mungkin tidak terlalu bagus. Tapi yang ke dua dan seterusnya akan halus mulus seperti di foto.

Membuat rolade tahu


Siapkan tahu, hancurkan dengan ulekan atau garpu. Bungkus tahu dengan serbet atau kain dengan cara menyatukan ujung-ujung kain sehingga tahu berada di tengah kain kemudian peras hingga arinya keluar.

Peras hingga tahu setengah kering. Jangan terlalu banyak memasukkan tahu ke kain karena akan sulit diperas jika terlalu banyak tahu di dalamnya.

Masukkan tahu yang telah diperas ke dalam mangkuk. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica hitam, ketumbar dan garam. Kemudian masukkan bumbu ini kedalam mangkuk. Tambahkan gula pasir dan aduk rata.

Tambahkan tepung terigu, tepung tapioka dan baking powder. Aduk hingga rata. Masukkan telur dan minyak, aduk rata kembali. Cicipi rasanya, tambahkan garam bila kurang asin.


Ratakan adonan hingga permukaannya seimbang. Bagi menjadi 5 atau sesuai dengan jumlah kulit yang berhasil anda buat.

Siapkan kulit, letakkan satu bagian adonan agak di pinggir. Kemudian gulung. Di bagian akhir olesi dengan perekat dan gulung hingga habis. Bungkus dengan daun pisang atau kertas baking. Lakukan pada adonan lainnya.


Siapkan kukusan, panaskan hingga air di dalamnya mendidih. Masukkan rolade tahu dan kukus dengan api kecil selama 20 menit.

Angkat rolade dan buka pembungkusnya. Potong-potong setebal 1 cm. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lakukan hingga rolade habis.

Membuat saus asam manis


Haluskan bawang putih dan cabai merah. Siapkan pan, tuang minyak dan panaskan. Tumis bawang putih dan cabai yang telah dihaluskan hingga harum.

Masukkan saus tomat, cuka, kecap asin, minyak wijen (jika anda menggunakannya), dan cabai bubuk. Tumis hingga meletup-letup.

Tuang air, tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Cicipi rasanya, tambahkan garam bila kurang asin. Masukkan tepung tapioka yang telah dilarutkan dengan air dan masak hingga saus mengental dan meletup-letup. Angkat.

Sajikan rolade yang telah digoreng dengan saus asam manis dan kentang goreng sebagai pelengkap. Nyam nyaaammmm!
close