Resep dan Cara Membuat Jus Markisa Dan Manfaatnya

Seperti biasa saya di sini akan membagikan resep dan manfaat dari makanan atau minuman. Dan sekarang saya tidak akan membagi resep soal makanan, tetapi saya akan membagi resep soal minuman atau jus. Kalian semua pasti sudah tau kan dengan jus? jus adalah minuman yang terbuah dari buah-buahan atau sayuran segar  yang berbahan alami. Dan kalia ini saya akan membagikan resep juga caranya membuat jus buah markisa.

Selain segar  enak di buat jus Buah markisa juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, markisa bisa menjaga kesehatan kulit, mata, membersihkan darah dan menghilangkan semua racun dari tubuh. Buah markisa juga bisa membantu untuk kesehatan tubuh seperti ginjal dan hati, dan juga bisa memperkuat system kekebalan pada tubuh anak, kalo setiap harinya mengkonsumsi buah ini secara rutinnya akan lebih bagus untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah Resep dan Cara Membuat Jus Markisa

Bahan membuat jus markisa
·         Yang pertama siapkan markisa segar sebanyak 300 gram.
·         Sediakan gula sesuai selera, atau bisa juga menggunakan sirup markisa sebanyak 1 sdm.
·         Siapkan air es sebanyak 100 mili.
·         Dan untuk topingnya kalian bisa menggunakan susu atau buah dan yang lainnya.

Cara membuat jus markisa.
1.                  Terlebih dahulu kupas semua buah markisa.
2.                  Terus masukan markisa yang sudah di kupas, air es dan tambahkan juga gula atau sirup markisa ke dalam blender.
3.                  Blender terus sampai markisa halus.
4.                  Sebelum dituangkan ke dalam gelas saring dulu jus markisa agar biji halusnya tidak ikut masuk ke dalam gelas.
5.                  Lalu tuangkan ke dalam gelas.
6.                  Terus kasih toping biar manis.
7.                  Jus markisa sudah siap di sajikan.

Tips Membuat Jus Markisa.
                    Jus markisa kemungkinan dapat bertahan selama 5 hari atau lebih di dalam kulkas.
                    Jus dan air bisa jadi terpisah. Jika hal ini terjadi, kocok saja botol berisi jus tersebut atau aduk-aduk di dalam wadah untuk mencampurnya.
                    Bagi yang ingin menjaga asupan kalori atau menderita diabetes, pemanis berkalori rendah dapat digunakan sebagai pengganti gula.
                    Pastikan wadah atau botol yang digunakan benar-benar bersih, terutama di sekitar lehernya.
                    Anda tetap dapat membuat jus dengan saringan dan garpu jika tidak memiliki blender (dan cukup sabar).
                    Jangan memblender jus terlalu lama karena dapat menghanjurkan bijinya. Jika terlanjur melakukannya, gunakan saringan dengan celah yang sangat halus, jika tidak jus yang dihasilkan akan berkersik.

Manfaat Buah Markisa:
Buah markisa sering kali dijadikan bahan untuk membuat sirup , kue, jus serta minuman dan makanan lainnya. Selain itu, dengan kandungan nutrisi yang luar biasa banyak, buah markisa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat buah markisa yang wajib diketahui oleh kita.

1. Sebagai Sumber Serat
Buah markisa mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan dan buang air besar. Buah markisa juga bisa dijadikan sebagai pencahar ringan karena bijinya yang kaya akan serat.

2. Sebagai Sumber Antioksidan
Markisa mengandung fitokimia betakaroten atau karotenoid yang berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan dan mencegah berkembangnya sel kanker. Antioksidan tersebut dapat larut dalam air, dan dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

3. Menjaga Imunitas Tubuh
Sistem imunitas dapat menjaga tubuh dari serangan penyakit, termasuk infeksi bakteri dan jamur. Dengan imunitas tubuh yang kuat kekebalan tubuh akan meningkat dan kesehatan dapat terjaga setiap hari. Hal tersebut dikarenakan markisa mengandung vitamin C yang dapat menstabilkan kondisi tubuh.

4. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi
Tidak mengontrol makanan yang dimakan dapat memicu tekanan darah menjadi naik. Apalagi jika terlalu banyak makan daging tanpa diimbangi dengan banyak gerak. Jika tidak segera diatasi penyakit tersebut dapat memicu penyakit stroke. Dengan memakan buah markisa secara rutin atau setiap hari, tekanan darah tinggi dapat distabilkan ke posisi normal.

5. Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Darah
Makanan berlemak dan seafood dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat. Terkadang kita tidak sadar dan memakan makanan tersebut secara berlebihan sehingga terkena penyakit kolesterol. Untuk mengantisipasinya sediakan markisa di rumah untuk dikonsumsi setiap hari.

6. Menjaga Kesehatan Jantung
Telah diketahui bahwa markisa mengandung kalium, mineral yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun tetap memberikan manfaat. Salah satunya adalah menjaga jantung agar tetap dalam keadaan sehat dan berfungsi dengan baik.

7. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan
Buah markisa mengandung vitamin A dan beta-karoten yang dapat berfungsi meningkatkan kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah markisa secara rutin maka penglihatan dan akan menjadi tajam dan terhindar dari rabun.

8. Mengatasi Asam Urat
Selain mengatasi kolesterol dan darah tinggi, buah markisa juga dapat mengatasi asam urat. Jika kadar asam urat sedang tinggi, cobalah untuk mengkonsumsi buah markisa.

9. Mencegah Dehidrasi
Kandungan air dari buah markisa cukup tinggi, terbukti dari buahnya yang basah. Selain itu mineral yang terdapat pada buah markisa dapat mencukupi kebutuhan harian kita dan dapat mencegah dari dehidrasi.

10. Mencegah Peradangan
Saat terjadi peradangan kita akan merasa tidak nyaman, terutama jika mengalami radang tenggorokan. Dengan memanfaatkan buah markisa yang kaya vitamin C dan antioksidan kita dapat mencegah atau mengatasi peradangan.

11. Meredakan Rasa Nyeri pada Persendian
Nyeri pada daerah persendian sangat mengganggu dan dapat menghambat aktivitas. Biasanya orang tua paruh baya dan lansia seringkali mengalami penyakit tersebut. Kita bisa meringankan rasa nyeri pada persendian dengan mengkonsumsi buah markisa.

12. Bagus untuk Orang yang Menjalani Diet
Masalah berat badan kerap mengganggu, selain karena dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit kelebihan berat badan juga dapat merusak penampilan. Karena itu, bagi yang sedang menjalani program diet, buah markisa bisa dijadikan salah satu menu harian untuk membantu mengurangi berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan pencernaan sehingga tidak aka nada lemak yang menumpuk di perut. Selain itu kandungan gizinya dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan dapat menunda rasa lapar.

13. Mengobati Penyakit Asma
Penyakit asma membuat seseorang merasa sesak dan tidak nyaman. Meski tidak begitu berbahaya penyakit tersebut tetap perlu diwaspadai dan diobati. Untuk membantu proses penyembuhannya, kita bisa memanfaatkan buah markisa. Kandungan vitamin C nya dapat menekan histamine yang dapat menyebabkan gejala asma.


Demikian beberapa  manfaat buah markisa yang bisa disajikan dalam artikel kali ini. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara rutin agar manfaat yang diperoleh juga maksimal.
close