Cara Membuat Jus Timun Segar Dan Manfaat Dari Buah Timun

Jus mentimun memiliki berbagai macam manfaat , mulai dari terapi untuk menghilangkan jerawat dan radang sendi, untuk membantu mengurangi berat badan dan tekanan darah tinggi. Jus mentimun juga menyediakan nutrisi yang bagus buat tubuh manuasia seperti mangan dan belerang.Bukan Cuma dagingnya saja tetapi kulitnya juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu, jus mentimun juga merupakan minuman yang sangat segar terutama bila dikonsumsi di siang yang terik. Pada artikel ini saya akan membagikan tentang cara membuat jus mentimun sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang disiapkan:
          Siapkan dua mentimun berukuran sedang.
          Gula secukupnya
          1 buah jeruk lemon.
          Es batu secukupnya
Cara Membuat jus mentimun:
          Bersihkan mentimun dan belah menjadi dua bagian.
          Ambil bagian dalam mentimun seluruhnya selain dari kulit.masukkan kedalam blender.
          Masukkan air secukupnya.
          Peras secukupnya jeruk lemot dan masukkan air jeruk lemon secukupnya untuk menyegarkan.
          Masukkan gula secukupnya.
          Masukkan es batu secukupnya.
          Blender hingga halus dan tuangkan kedalam gelas.
          Jus timun siap untuk dinikmati.

Manfaat jus mentimun untuk kesehatan.
1. Energi tambahan tubuh
Didalam jus mentimun terdapat vitamin B yang cukup berlimpah yang memiliki kegunaan untuk tambahan energi tubuh,Selain kaya air yang mampu menyegarkan tubuh dengan cepat,jus mentimun juga mampu mencegah dehidrasi dan juga sangat rendah akan kalori,Pastinya menyehatkan.

2. Menjaga kesehatan jantung
Jus mentimun yang dikombinasikan dengan buah apel kandungan polifenol dan flavonoid jauh lebih banyak dan jauh lebih tinggi,Hal ini berdampak langsung kepada kesehatan jantung anda,kedua senyawa tersebut jika masuk kedalam tubuh akan menjadi satu antiokidan yang kuat untuk menjaga kesehatan dan kinerja jantung anda.

3. Mencegah dehidrasi
Mentimun sendiri tergolong buah yang kandungan air nya 95% lebih banyak dibanding daging buahnya,Hal ini mengindikasikan jika mentimun mampu mencegah dehidrasi tubuh akibat kelelahan dan keringat berlebih setelah aktivitas rutin anda.Kandungan vitamin C pada mentimun juga memberikan manfaat dalam hal pemulihan tenaga dengan cepat.

4. Mencegah asma
Hal ini cukup menakjubkan,Baru-baru ini sebuah penelitian mengungkap,Jika kadar Flavonoid pada jus mentimun mampu mengurangi dampak dan gejala asam bagi penderitanya.Konsumsi jus mentimun secara rutin akan memperkuat fungsi paru-paru dalam hal pencegahan penyakit asma.

5. Menjaga suhu tubuh
Jus mentimun yang bersifat dingin sangat efektif untuk menjaga suhu tubuh dari dalam,Minum jus timun pada cuaca panas sangat cocok sekali,Selain menyegarkan juga mampu menjaga suhu badan tetap stabil serta menjaga tubuh agar tidak terserang panas dalam.

6. Menjaga PH
Jus mentimun juga bermanfaat dalam menjaga PH tubuh tetap stabil,dan juga kaya serat yang baik untuk saluran pencernaan anda.Hal ini dikarenakan senyawa pektin dalam kulit mentimun yang begitu berlimpah.Wanita yang rutin konsumsi jus mentimun dapat terhindar dari gejala kanker rahim, kanker ovarium, kanker payud*ra dan kanker prostat.
7. Menyegarkan mulut
Mentimun yang kita konsumsi secara langsung akan membatu dalam hal pencegahan bau mulut tak sedap sama halnya dengan jus buah mentimun nya.Senyawa fitokimia yang ada pada mentimun mampu membunuh bakteri didalam mulut yang menyebabkan bau mulut tak sedap.

8. Menjaga kekuatan tulang
Buah dengan nama ilmiah Cucumis sativus sarat akan kandungan kalsium dan fosfor yang berlimpah,Sehingga jika kita rajin minum jus mentimun akan berdampak baik kepada kesehatan tulang yang lebih kuat dan juga terhindar dari gejala osteoporosis.Satu porsi jus mentimun mampu mencukupi akan kebutuhan nutrisi pada tulang anda.

Manfaat Untuk Kulit Sebagian besar produk perawatan rambut dan kulit dibuat dengan menggunakan mentimun sebagai salah satu bahan utamanya. Buah ketimun mentah juga banyak digunakan di banyak salon kecantikan dalam proses facial , yang bertujuan untuk mengurangi keriput dan bengkak di sekitar mata. Berikut beberapa manfaat utama mentimun bagi kulit :

1.      Manfaat terbesar dan paling penting dari mentimun bagi kulit adalah manfaat revitalisasi. Masker wajah yang mengandung sari mentimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit.
2.      Mengandung  kandungan pemutih ringan yang dapat membalikkan taning pada kulit, sehingga kulit kembali muda dan berscahaya kembali.
3.      Jika Anda khawatir tentang kantung mata, maka mentimun bisa membantu Anda. Asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun bisa membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata.
4.      Mentimun yang diiris atau dihaluskan yang di terapkan pada kulit akan membantu masalah kulit akibat terbakar akibat sengatan sinar matahari. Hal ini merupakan cara alami, lembut dan murah untuk mengobati luka bakar akibat matahari .
5.      Penggunaan paling umum lainnya adalah untuk meningkatkan peremajaan kulit. Tambahkan jus mentimun dengan beberapa tetes jus lemon, dan menggunakannya sebagai masker wajah. Hal ini akan memperbaiki kulit dan akan menambah kecerahan.
6.      Mentimun juga bisa Anda gunakan untuk mengobati pori-pori terbuka. Ekstrak sayuran ini dan gunakan sebagai toner. Anda juga bisa mencampurnya dengan cuka sari apel, bubur tomat dan gel Aloe Vera gel agar bisa menjadi lebih efektif.
7.      Mentimun juga bisa membantu untuk membuang selulit padapaha. Campurkan beberapa sendok kopi bubuk ,  jus mentimun dan madu untuk membuat pasta tebal. Terapkan ini pada daerah yang terkena selulit, bungkus dengan kain muslin dan kelupas secara perlahan setelah 30 menit. Makan sayuran ini dalam keadaan segar juga dapat mengobati selulit .
8.      Mentimun mengandung 95 % air yang berguna untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan lembab. Bijinya yang juga kaya akan vitamin E dan kalium akan membantu  mengurangi garis halus, keriput, noda hitam dan tanda-tanda penuaan.
9.      Menempatkan irisan mentimun pada mata juga bisa mengurangi munculnya lingkaran hitam dengan cepat. Banyaknya kandungan antioksidan dan silika dalambuah ini dapat meremajakan kulit dan memudarkan lingkaran hitam pada mata. Tempatkan 2 iris mentimun pada mata dan biarkan selama 20 menit,  atau Anda juga bisa berendam 2 bola kapas kedalam jus mentimun dan menempatkannya pada mata Anda.

10.  Anda juga dapat menggunakan mentimun yang diparut parut untuk mengobati bintik-bintik dan noda hitam. Terapkan jus mentimun seluruh wajah untuk mengobati bintik-bintik wajah. Mentimun akan memberikan banyak keuntungan bila digunakan sebagai masker wajah. Parutan mentimun atau  jus mentimun dapat digunakan sebagai unsur utama masker wajah untuk mengobati keriput, jerawat dan masalah kulit lainnya .
close