RESEP CARA MEMBUAT SIE REUBOH ( DAGING ASAM )


Resep siereuboh merupakan daging yang diawetkan yakni direndam dalam campuran garam , cabai dan asam yang lalu dapat dimasak dan langsung disantap. Makanan ini  cocok disimpan dalam waktu jangka panjang seperti di pedesaan.  

makanan ini merupakan resep masakan aceh yang biasanya saat tradisi meugang masih dilakukan oleh masyarakat aceh yang dimana acara ini selalu diakhiri dengan pemotongan hewan yang dimana daging dengan jumlah banyak perlu diawetkan, itulah asal usul resep siereuboh ini.  

Silahkan cek resep cara membuat sie reuboh berikut :




RESEP
SIEREUBOH




  • BAHAN :
    1. 500 gram daging sandung lamur
    2. 1/2 sendok makan cuka
    3. 1 sendok makan garam 
    4. 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Bumbu halus :
    1. 10 buah cabai rawit
    2. 5 buah cabai merah besar
    3. 1 buah kunyit dipotong ukuran 1 ruas jari kemudian dicincang



  • CARA MEMBUAT :
    1. Potong daging sandung lemur menjadi kotak ( cube ) ukuran 1 x 1 x 1 letakan dimangkuk ( bowl ) tambahkan 1/2 sendok makan cuka, 1 sendok makan garam dan 1/2 sendok teh merica bubuk lalu aduk diamkan selama 20 menit 
    2. Selagi menunggu haluskan bumbu ,10 buah cabai rawit, 5 buah cabai merah besar dan kunyit cincang.
    3. Setelah bumbu halus campurkan langsung kedalam mangkuk yang berisi daging sendung lemur tadi kemudian lanjut diamkan hingga 50 menit - 1 jam.
    4. Selanjutnya siapkan panci tambahkan 750 ml masukan daging yang sudah dicampur bumbu tadi lalu rebus hingga daging empuk setelah air sampai tersisa 1/4 bagian langsung angkat daging letakan diwadah kedap udara.
    5. Daging dapat disimpan dilemari es dalam jangka waktu yang cukup lama, daging siereuboh ini dapat langsung disantap atau diolah menjadi makanan yang lain.




close