Tips dan cara Mempeoleh Ide Menulis Artikel untuk Website/Usaha Anda


Situs website kini jadi idola bagi siapa saja di dunia karena dapat memberi dan mencari informasi melalui pencarian google atau alat pencari lainya cepat dan mudah, bagi para pelaku usaha online hal ini bisa jadi sebagai peluang promosi usaha karena dari website memperkenalkan usaha atau perniagaan jadi lebih luas.

Jika anda memiliki situs website seperti: blog, Jual-beli (niaga) dan usaha online lainya tak ketinggalan Channel youtube tentu tidak jauh dari kegiatan menulis untuk promosi atau deskripsi konten/produk anda agar lebih mudah pelajarilah...

Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel untuk Website atau Usaha anda dari Pengalaman Pribadi.

Walau dapat menghasilkan materi atau finansial, Membangun website pribadi atau kerjasama joint bareng teman (Mitra bangun) pasti ingin usahanya itu ada hasil semakin berkembang bahkan jadi besar dan ingin mencapai kesuksesan dong?

Tapi bukan berarti usaha tersebut bisa berkembang begitu saja tanpa perjuangan atau kerja keras dalam membangun bisnis anda itu...

Jika betul..!

Berikut saya ada pengalaman ketika menjadi distributor usaha berjenjang/Multi Level Marketing (MLM) mungkin anda pernah mendengar juga sistem bisnis tersebut cara kerjanya Prospect (Door to door) Tranning melatih diri, Follow up, Menawarkan produk mencari sebanyak-banyaknya konsumen dan membangun mitra usaha yang kuat.

Sekilas imunya hampir sama dengan cara membangun dan menulis blog web lain untuk itu mari kita simak siapa tahu Prinsip MLM ini bisa nyambung dengan website/blog atau main youtube yang anda kelola.

Tetapi disini saya tidak akan berbicara mengenai membangun bersama-sama seperti cara bisnis itu melainkan hanya mengambil ilmu atau cara kerja usaha tersebut untuk ide tulisan di web kita yang terbukti berhasil mendapat penghasilan yang luarbiasa ya walau tidak semua sukses atau pun masih proses.

Tips dan cara Mempeoleh Ide Menulis Artikel untuk Website/Usaha Anda
Image: pixabay-muhamed1082eg

Kiat mengembangkan usaha bisnis online seperti: Promosi, Prospec, Follow up pembaca/pelanggan biasanya bisnis tersebut mempunyai pedoman/prinsip usaha.

Prinsip utama pengembangan usaha dari dasar menjadi kuat dan besar diantaranya sebagai berikut!


1. Self-Consume (Rasakan sendiri)


Tips agar mudah dalam menyampaikan atau memprospec melalui tulisan atau video kepada konsumen itu sebaiknya kita pernah rasakan, supaya tidak mentok ketika ada yang bertanya atau konsultasi.

Show... bagi anda yang sekarang sedang membangun usaha online entah itu Produk jasa, Blog, Vlog, Niaga Jual barang barang online dan hal terkait lainya... dalam memgelola usaha tersebut wajib mengetahui apa yang anda pasarkan atau anda jual setidaknya semua telah anda rasakan lalu di sampaikan dengan gamblang.

contoh kecil: misalnya anda seorang penjual kopi berkhasiat agar lebih dapat menyampaikan kepada konsumen tentu anda harus minum terlebih dahulu dari situ kita akan banyak pengalaman dari khasiat dari minum kopi tersebut.

Prinsip selanjutnya dalam membangun usah ialah..

2. Menyampaikan apa pun yang pernah didapat, dialami dan dipahami


Usaha atau bisnis apa pun yang harus membutuhkan skills menulis seperti blog itu saya pikir sedikit sulit karena blog bukan hanya menulis atau pun menyimpan gambar tanpa memikirkan apa yang disampaikan untuk nanti dibagiakan kepada publik.

Jika kita membiasakan menulis semua yang telah anda alami dan paham tentu bagaimana dalam menyampaikan kepada pembaca, tulisan atau penyampaian kita mudah dicerna pembaca sekaligus ada tanggung jawab dengan pemahaman kita.

Contoh lagi: jika konten di blog akan menulis cara, tutorial, tentu yang paling baik adalah konten itu telah kita kerjakan, memakai, jika pengguna (pengunjung) mengalami kegagalan tentu anda tahu apa yang salah dan apa penyebabnya selanjutnya anda bisa sebagai penolong pemecah masalah...

Misalkan kalau anda belum paham tapi tulis bagaimana jika ada pelanggan yang berkonsultasi??

Itu prinsip dari bisnes MLM ya tak jauh beda sama blog sih!!

3. Mencari ide persentase atau tulisan


Saya simak dari pelaku bisnes ada saatnya kita mendapatkan kejadian tumpul istilahnya blank dalam mencari ide menulis atau testimoni, bingung dari mana memulainya lagi?

Jika keadaan seperti itu terjadi pada siapa pun tentu akan mencari...

...Bagaimana cara medapat ide tulisan artikel?


Berikut langkah dan tips sederhana memperoleh ide menulis artikel dari usaha produk (konten) yang anda jual supaya menjadi tulisan.


a. Tulis sesuatau hal yang berkaitan dengan produk atau jasa kita.

Ini hal yang harus digali agar anda belajar fokus pada satu hal, jika anda mempunyai keinginan menulis yang agak jauh dari satu produk itu?? buang dulu keinginan itu..

Berikut tipsnya..

Caranya: intip dulu konten/produk anda pada satu hal tentu ada yang berbeda apa itu warna, kegunaan atau ukuran itu misal jika untuk website kita bisa buat juga..

Contoh:
  • Jika satu barang ukuran besar tulis untuk satu artikel.
  • Barang yang sama ukuran sedang dibikin lagi satu artikel, nah itu satu barang bisa dua artikel bahkan lebih jika dengan warna dan kegunaannya.
Itu sebagai contoh saja pelaksanaannya sesuaikan dengan usaha yang anda kelola.

b. Artikel tentang manfaat produk.

Pada produk anda pasti ada kegunaan sebagai alasan kenapa produk tersebut harus dibeli.. nah disitu kita tulis apa saja kegunaan dari produk tersebut..

Contoh:
  • Produk atau jasa anda punya dua atau tiga manfaat maka tulis dan jadikan dua tiga artikel pula.
  • Dan kelebihan manfaat lainya dari produk atau jasa anda.
Itu sekedar contoh dalam mencari ide tulisan, testimoni atau persentase yang bisa dijadikan tulisan artikel.

Selanjutnya..

c. Tutorial cara pakai produk dan jasa anda.

Untuk poin ini sebenarnya sebagai rangkuman semua dari benerapa poin diatas dan sekaligus apa yang anda kerjakan...

Tutorial Produk: berkaitan dengan prinsip pertama yaitu (self-consume) jika anda telah merasakan dari produk tersebut tentu tidak akan susah menulis tutorial apa yang ada di produk jasa kita kepada pembeli (user) triknya bisa anda kombinasikan dengan tutirial lainya.

Tutorial Usaha anda: misalkan bisnis anda online bisa memberikan alasan kenapa saya usaha ini, bagaimana menguasai pekerjaan ini nah itu bisa dijadikan tulisan dan selanjutnya berikan tutorialnya pembeli/pembaca tahu tertarik selanjutnya menjadi Mitra bisnis anda di bidang online tersebut.


Itu semua prinsip prinsip dalam menulis atau menyampaikan jika di ambil dari prinsip membangun usaha atau bisnes berjenis MLM yang mungkin bisa dijadikan ide dalam menulis atau membangun usaha online lainya yang anda kelola.


Cara menulis dan menyampaikan di website dari apa yang kita alami pribadi contoh: untuk ide dalam menulis artikel atau project video Vlog, Niaga atau Bisnis lainya.

Kesimpulannya..

Banyak kiat menulis yang baik diawali dari hobi atau apapun itu semuanya bisa menjadi ide tulisan apa lagi semuanya telah dipahami seperti prinsip dasar bisnis sebagai contoh diatas, jika telah dikuasai tentu akan mudah dalam membangun segala bidang.

Demikian Tips dan cara memperoleh ide menulis artikel untuk usaha website/blog atau bisnis lainya semoga bisa membantu dan bermanfaat.
close