Resep Pakcoy Siram Jagung simpel dan gres-gres!


Resep Pakcoy Siram Jagung simpel dan gres-gres! - Beberapa bulan lalu saya dibuat ketar-ketir. Tidak tahu apa alasanya tiba-tiba saja saya tidak bisa log in ke akun cookpad milik saya. Menuliskan alamat email dan sandi lalu saya tekan tombol  log in, tapi kemudian tidak terjadi apa-apa. Saya tetap berada dihalaman untuk memasukkan alamat email. Sejenak saya berpikir, apakah akun saya telah di hack? Betapa stresnya saya mengalami hal itu. Selanjutnya saya mencoba untuk menggati kata sandinya. Lantas muncul tulisan, "Maaf, alamat email tidak ditemukan". Arrggghh! Saya harus melakukan apa?


Lihat juga resep simpel lainnya :

Menyenderkan punggung sambil menarik napas. "Bepikir! Berpikir!" Mengajak diri sendiri mencari solusi sembari melamun melihat lagit-lagit rumah. Akhirnya saya mendapat ide. Saya lantas membuka akun gmail saya dan langsung menuju kotak masuk. Disana terdapat beberapa email dari cookpad yang jarang saya baca secara keseluruhan. Tak perlu basa-basi lagi saya langsung mengklik tombol "balas"di salah satu email yang mereka kirim. Tanpa ada kata sapaan dear, to, dan apalah yang lainnya langsung saja saya menuliskan pertanyaan "Mengapa akun saya tidak bisa dibuka?". Selesai mengirim balasan tersebut selanjunya saya hanya bisa berdoa dan berharap agar balasan saya dibaca dan ditindak lanjuti.


Beberapa hari saya tidak membuka email dan akun cookpad saya. Sejenak saya melupakannya untuk sesaat. Dan saat memposting resep baru terpaksa saya men-skip si cookpad. Sempat terpikir, apakah sebaiknya membuat akun baru saja. Iseng-iseng saya membuka cookpad melalui aplikasi di hp. Nama, alamat email, dan sandi sudah saya tuliskan. Dan tinggal terakhir, menekan tombol "buat akun". Eits! Tiba-tiba saya berhenti dan seolah ada yang berbisik, "mending coba dulu log in ke akun lama, siapa tahu...?". Saya pun log in dan apa yang terjadi saudara-saudara? Akun saya kembali! Ooohh!Alhamdulillah, terimakasih tuhan. Saya tersenyum lebar dan merasa menjadi manusia yang paling bahagia di dunia. Sesuatu yang hilang telah kembali. Beban dan masalah seakan hilang begitu saja. Oke, terdengar lebay memang. Tapi sumpah seperti itu lah yang saya rasakan.



Segera saya membuka akun gmail saya. Ternyata disana telah masuk balasan dari cookpad yang telah lama dikirim. Saya lantas membuka dan membacanya. Mereka mengatakan bahwa ada kesalahan dari tim cookpad sehingga akun saya tidak dapat diakses dan resep dikembalikan ke draft. Membaca balasan itu membuat saya lega dan tenang. Saya dulunya mengira akun saya di hack atau akun saya diblokir oleh cookpad sendiri. Di resep-resep awal, jika anda sering memperhatikan, saya sering menuliskan link menuju resep di blog. Pikir saya karena terlalu sering menulis link akun saya lalu di blokir. Untunglah! Sekarang telah kembali. Nah untuk berjaga-jaga sekarang saya tidak lagi menulis link disetiap resep yang saya publishdi cookpad.


Oke, sekarang kita menuju ke resep pakcoy ini. Membuat masakan ini mudah. Pakcoy direbus hingga sedikit layu selama 1 sampai 2 menit. Langsung dimasukkan dalam air es beserta es batu. Cara ini agar pakcoy tetap hijau dan masih gres-gres saat di kunyah. Selanjutnya kita membuat saus siramannya. Seperti biasa, bumbu ditumis, kemudian disusul jagung dan bahan lain. Terakhir masukkan air dan kentalkan dengan tepung maizena yang sebelumnya telah dilarutkan. Jangan lupa cicipi rasanya, sesuaikan dengan selera masing-masing takaran garamnya. Agar tidak kurang atau terlalu asin rasanya. Pakcoy kemudian ditata berjejer rapi di piring dan siram dengan saus jagung yang kita telah buat tadi di atasnya. Pakcoy siram jagung siap disantap.

Berikut step by step resep pakcoy siram jagung dilengkapi foto!
  

Pakcoy Siram Jagung

Untuk 3 – 4 porsi

Bahan :
- 3 buah (250 gram) pakcoy, potong pangkalnya, pisahkan antar batangnya dan cuci bersih
- 1 buah jagung manis, sisir
- 3 siung bawang putih
- 1 ruas jari jahe
- 1/2 sendok teh merica hitam butiran
- 1 sendok makan saus tiram
- 1 1/2 sendok makan kecap asin
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 250 ml air
- 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 50 ml air
- 2 sendok makan minyak, untuk menumis

Cara membuat :


Siapkan pakcoy yang telah di potong dan dicuci bersih. Siapkan panci, masukkan air agak banyak dan masak hingga mendidih. Masukkan pakcoy dan rebus selama 1 – 2 menit.

Siapkan mangkuk, masukkan air es dan es batu. Angkat dan tiriskan pakcoy. Langsung masukkan ke dalam mangkuk berisi air es. Diamkan selama 1 – 2 menit. Kemudian tata pakcoy di piring saji secara berjejer.

Haluskan bawang putih, jahe, dan merica hitam butiran. Siapkan pan, tuang minyak dan panaskan. Tumis bumbu halus hingga harum.

Masukkan saus tiram, kecap asin, dan minyak wijen. Aduk rata dan masak sampai meletup-letup.


Masukkan jagung manis. Aduk dan masak beberapa saat hingga jagung terlumur saus. Tuang air, masukkan garam dan gula. Masak hingga mendidih. Tuang larutan maizena dan masak hingga mendidih kembali dan mengental. Cicipi rasanya. Tambahkan gula dan garam bila kurang pas.

Siapkan pakcoy yang telah ditata di piring. Siram dengan jagung diatasnya. Sajikan selagi hangat. Sedaaappp!

Sumber dan inspirasi :
Cookpad Kiki Tan, Pakcoy siram Jagung
close