Resep Nasi Biryani dengan Acar Mentimun, tidak terlalu otentik yang penting bahannya mudah dicari


Tentu sudah kenalkan dengan nasi biryani? Nasi khas timur tengah dengan aroma rempah yang kuat menusuk hidung kala sudah didepan mata.

Nasi biryani atau briyani populer akan penggunaan rempah yang banyak dan beraneka ragam. Seperti diantaranya saffron dan garam masala.

Saffron pada nasi biryani digunakan untuk membuat warnanya menjadi kuning. Jika di Indonesia seperti kunyit pada nasi kuning. Sedangkan garam masala merupakan campuran beberapa rempah dalam bentuk bubuk yang sudah dalam satu kemasan. Garam masala digunakan agar nasi beraroma rempah yang khas.



Lihat juga resep daging lainnya :

Karena penggunaan rempah yang banyak dan asing didengar menjadikan kendala saat akan membuatnya sendiri dirumah. Beberapa rempah bisa terbilang mahal untuk di beli. Sebut saja saffron, beberapa jumput saja harganya bisa puluhan ribu.

Sebenarnya membuat nasi biryani tidak melulu harus saklek dengan resep nasi biryani asli dari timur tengah.

Kita tidak harus mengeluarkan uang lebih hanya untuk membeli beberapa rempah yang nantinya akan jarang kita pakai. Nasi biryani yang dibuat dengan rempah khas indonesia yang mudah kita temui sebenarnya sudah cukup membuat nasi beraroma khas. Namun memang tidak 100% otentik mirip nasi biryani di restoran-restoran India.



Dengan memasak sendiri dan dengan menggunakan bahan yang mudah ditemui membuat nasi biryani yang dihasilkan bisa sesuai dengan selera kita masing-masing. Jumlah dan takaran rempah dapat kita sesuaikan sehingga membuat nasi tidak terlalu menyengat aromanya dan yang penting tidak membuat eneg.

Sekarang kita menuju ke resep.

Resep di bawah adalah hasil modifikasi dari beberapa resep di internet. Biasanya nasi biryani menggunakan beras basmati yang bebulir panjang, namun disini saya hanya menggunakan beras biasa yang berbulir pendek.



Santan pada resep adalah pengganti yoghurt. Karena saya sulit mencari yoghurt tanpa rasa (plain) jadi saya menggantinya dengan santan. Sebenarnya bisa saja saya membeli online, tapi saya agak pelit pada ongkos kirimnya. Hehehe.

Cara memasaknya hampir sama seperti saat memasak nasi secara manual.

Pertama nasi dan santan dimasak hingga hampir mendidih. Kemudian tumisan bumbu dan daging dimasukkan dan kemudian diaduk dan dimasak hingga mendidih. Setelah mendidih biarkan beberapa detik dan segera matikan api dan tutup. Terlalu lama dibiarkan mendidih nasi akan gosong dibagian dasarnya. Nasi kemudian dikukus bersama daging hingga matang. Nasi biryani pun siap disantap.



Untuk pelengkapnya saya membuat acar mentimun.

Acar mentimun ini tidak dimasak alias acar mentah. Cara membuat acar ini mudah, cukup campur semua bahan acar mentimun diresep dalam mangkuk. Tutup, dan biarkan di suhu ruang selama kita memasak nasi biryani. Jadi saat nasi matang, acar mentimun pun juga sudah siap disantap. Maka dari itu buat lebih dulu acarnya, baru kita tangani si nasi biryani.


Acar yang siap disantap tandanya mentimun menjadi lebih empuk kala dikunyah dibandingkan ketika belum bercampur dengan bahan lain. Ini karena mentimun terfermentasi oleh cuka, garam, dan gula.

Acar ini juga cocok sebagai acar martabak telur, nasi goreng, sate kambing, dan lainnya. Apapun yang berlemak dan berminyak cocok bersanding dengan acar ini. Jika acar masih tersisa, simpan dalam wadah tertutup rapat dan masukkan kedalam chiller kulkas. Acar akan bertahan kurang lebih 7 hari.

Berikut step by step resep nasi biryani dengan acar mentimun dilengkapi foto!


Nasi Biryani dengan Acar Mentimun

Untuk 6 porsi

Bahan nasi biryani  :
- 650 gram beras
- 700 ml santan
- 1 buah tomat merah, potong dadu
- 1 butir cengkeh
- 2 cm kayu manis
- 2 lembar daun salam, robek sedikit
- minyak, untuk menumis

Bumbu nasi biryani haluskan :
- 8 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 3 buah cabai rawit
- 6 buah cabai merah keriting
- 3 cm kunyit
- 1 butir kapulaga
- 1/2 sendok teh jinten butiran
- 1/2 sendok teh ketumbar butiran
- 1/2 sendok teh merica butiran
- Sedikit pala
- 1 sendok teh garam

Bahan dan bumbu bola daging :
- 130 gr daging sapi cincang
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 sendok teh merica butiran
- 1 sendok teh garam

Bahan acar ketimun :
- 3 buah metimun, buang bijinya dan potong sesuai selera
- 4 siung bawang merah, iris tipis
- 1 siung bawang putih, beri keratan
- 1/2 sendok makan cuka
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam

Pelengkap :
- Bawang merah goreng, untuk taburan

Cara membuat :
Membuat acar mentimun


Siapkan mangkuk. Masukkan mentimun yang telah dibuang bijinya dan dipotong-potong, bawang merah, bawang putih, cuka, gula pasir, dan garam.

Aduk rata dan tutup dengan plastik wrap atau penutup lain. Biarkan selama 15 – 30 menit atau biarkan selama kita membuat nasi biryani. Biarkan tertutup sampai mentimun layu dan sedikit empuk. Sisihkan.

Membuat nasi biryani dan bola daging


Siapkan mangkuk. Masukkan daging, bawang merah, bawang putih, merica butiran yang telah dihaluskan, dan garam.

Aduk rata hingga bumbu tercampur dengan daging.

Ambil sekitar 1 sendok teh daging. Bentuk bulat menggunakan tangan. Sisihkan.

Siapkan wajan anti lengket dan panaskan. Masukkan bola daging dan masak sampai daging mengeluarkan air. Masak terus hingga air pada daging mengering dan daging berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.


Siapkan wajan anti lengket bekas memasak daging. Tuang minyak dan panaskan. Masukkan bumbu halus, tumis hingga harum.

Masukkan tomat, cengkeh, kayu manis, dan daun salam. Aduk dan masak hingga tomat hancur.

Masukkan bola daging. Aduk dan masak beebrapa saat hingga bumbu menyerap pada daging. Sisihkan.


Siapkan tusuk sate. Tusuk bola daging menjadi beberapa tusukan sate. Sisihkan.

Siapkan panci. Masukkan beras dan santan. Masak hingga santan hampir mendidih.

Masukkan bumbu nasi yang telah ditumis dan tusukan bola daging. Aduk sesaat. Matikan api dan tutup rapat. Jangan terlalu lama membiarkan nasi mendidih karena bagian dasarnya akan gosong.


Biarkan nasi tertutup dalam panci. Nasi akan menyerap air yang tersisa.

Siapkan kukusan. Masak air dalam kukusan hingga mendidih. Masukkan nasi setengah dari yang ada di panci. Masukkan tusukan bola daging dan masukkan sisa setenganh nasi yang ada di panci. Sehingga bola daging tertutup oleh nasi. Kukus selama 20 – 30 menit hingga matang.

Siapkan piring. Ambil nasi dan tusukan bola daging. Tambahkan acar mentimun dan taburan bawang merah goreng. Santap selagi hangat. Mantap!

Sumber dan inspirasi :
Cookpad Nasi Biryani *Rice Cooker
Cookpad 
close