RESEP ROTI CANE



resep masakan roti cane ini merupakan hidangan tradisional sumatra utara , roti jala ini biasanya sebagai makanan peneman hidangan seperi kari / curry yang dimana cara makan dicolek kedalam kuah kari sama seperti roti jala.

penghidangan roti cane dengan hidangan kari biasanya dipisah atau langsung bisa disiram bersama kuah kari dan disantap sesuai dengan nama roti cane ini cane " canai " didapat dari nama kota chennai di india. Karena akulturasi budaya pada zaman dahulu sehingga roti canai sudah menjadi resep makanan yang sudah biasa disajikan di sumatra utara.  

Silahkan cek resep cara membuat roti jala berikut :




RESEP
ROTI CANE




  • BAHAN :
  1. 200 gram tepung terigu
  2. 1/2 sendok teh garam
  3. 1 butir telur ayam
  4. 120 ml air hangat
  5. 1/4 sendok teh gula halus
  6. 150 gram margarine, cairkan
 

  • CARA MEMBUAT :
  1. Pertama siapkan 120 ml air hangat ( hangat" kuku ) dan 150 gram margarine yang sudah dicairkan kemudian sisihkan
  2. Selanjutnya siapkan bowl masukan 1 butir telur ayam kemudian kocok , tambahkan 200 gram tepung terigu dan 1/2 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh gula halus lalu aduk tambahkan 120 ml air hangat sedikit demi sedikit hingga habis kemudian tambahkan margarine yang sudah dicair aduk kembali hingga adonan tercampur rata dan kalis bagi menjadi 6 - 8 bagian lalu diamkan selama 30 menit sambil ditutup dengan serbet
  3. Setelah 30 menit pipihkan tiap adonan lalu jadikan bulatan kemudian ratakan semua adonan kemudian gulung lalu bentuk gulungan seperti bentuk obat nyamuk kemudian diamkan selama 15 menit. 
  4. Siapkan pan lalu oles minyak kemudian masak adonan roti cane hingga kecoklatan , angkat lalu sajikan bersama kari.
close