RESEP CARA MEMBUAT ROTI JALA





resep masakan roti jala ini merupakan hidangan tradisional sumatra utara diriau juga memiliki hidangan bentuk yang sama hanya saja dengan nama yang berbeda yg bernama dadar kirai.

roti jala ini biasanya sebagai makanan peneman hidangan seperti kari / curry yang dimana cara makan dicolek kedalam kuah kari penghidangan roti jala dengan hidangan kari biasanya dipisah atau langsung bisa disiram bersama kuah kari dan disantap sesuai dengan namanya roti jala diambil dari bentuknya seperti jala / renda.

Silahkan cek resep cara membuat roti jala berikut :




RESEP
ROTI JALA




  • BAHAN :
    1. 220 gram tepung terigu
    2. 1/2 sendok teh garam
    3. 2 butir telur 
    4. 60 ml santan kara ( santan siap pakai )
    5. 440 ml air / 2 gelas air 
    6. 1 sendok makan mentega



  • CARA MEMBUAT :
    1. Pertama campur 60 ml santan kara ( santan siap pakai ) dan 440 ml air / 2 gelas air lalu aduk hingga tercampur.
    2. 1 sendok makan mentega dicairkan dengan cara dipanaskan diatas pan hingga mentega cair, sisihkan
    3. Setelah semua disiapkan , 2 butir telur kocok campur 220 gram tepung terigu dan 1/2 sendok teh garam aduk hingga tercampur rata saat mengaduk tambahkan campuran air dan santan sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata.
    4. Setelah itu adonan disaring agar adonan benar - benar halus lalu tambahkan 1 sendok makan minyak mentega yang sudah cair tadi, aduk kembali hingga adonan tercampur rata.
    5. Sekarang masukan adonan kedalam wadah dengan ujung nya yang bolong / bila tidak ada wadah khusus gunakan plastik potong sedikit ujungnya.
    6. Oleskan sedikit mentega / minyak diatas pan / teflon lalu panaskan pan / teflon setelah panas kucurkan  adonan keatas wajan sambil membentuk pola jala / renda, masak sebentar sampai bagian dasar mulai kaku langsung angkat dasar dan bentuk segitiga / gulung seperti bentuk lumpia.
    7. Setelah matang angkat dan sajikan bersama hidangan kari 




close