Resep Homemade Bubble/Boba/Black Pearl/Bubble Pearl/Pearl dan Iced Bubble Blue Sky


Hmmm.. Judulnya panjang ya, hehe. Ini karena bubble memiliki banyak nama lain seperti yang saya tuliskan di judul. Sebutan bubble lebih untuk ke bentuk bola-bolanya yang lebih kecil. Sedangkan boba untuk yang lebih besar. Black pearl, karena bentuknya menyerupai mutiara tetapi berwarna hitam. - www.kompasiana.com

Bubble dulunya adalah minuman bubble tea yang merupakan ciptaan Chun Shui Tang Teahouse di Taichung, Taiwan. Pemiliknya, Liu Han-Chieh, mengamati orang Jepang menyajikan kopi dingin saat berkunjung ke sana pada 1980 dan mencoba metode tersebut pada teh.


Lihat juga resep lainnya yang cocok menemani iced bubble blue sky :

Gaya baru sajian teh dingin membuat bisnisnya berkembang. Kemudian pada tahun 1988, manager pengembangan produknya, Liu Hsiu Hui, menuangkan pudding dan bola tapioka dalam teh saat rapat, ide bubble tea pun muncul.

Minuman buatan Hui ini disukai anggota rapat dan lantas dijadikan menu di kedai. Minuman ini akhirnya menjadi produk terlaris franchise Chun Shui Tang Teahouse. Bubble tea pun mulai populer, awalnya di wilayah Asia Timur dan Tenggara pada 1990an. Dan terus bereskspansi hingga dunia barat seperti di Kanada dan Amerika.


Kini telah banyak modifikasi pada bubble tea. Mulai dari adanya tambahan susu serta pada tehnya. Dulu hanya digunakan black tea varian oolong dan earl grey. Kini basis bubble tea sudah beragam ada fruit tea berbagai rasa, green tea juga yuanyang (campuran kopi dan black tea). - food.detik.com

Di musim kemarau yang sudah mulai terasa gersang ini minuman bubble sangat pas di minum siang-siang sebagai penyegar mulut dan tenggorokan. Membuatnya mudah tapi yang bikin jadi pe er adalah kala membentuk adonannya menjadi bola-bola yang ukurannya lebih kecil dari kelereng.


Tepung dan bahan lainnya diayak terlebih dahulu agar tidak ada gumpalan. Termasuk bubuk agar-agar nutrijel, setelah diayak akan ada gula yang tersisa. Gula ini tetap dimasukkan bersama tepung dan bahan lain. Air panas dimasukkan sedikit demi sedikit dan aduk-aduk hingga campuran tepung dan bahan lain menggumpal.

Setelah menggumpal maka ulenilah hingga kalis dan menjadi adonan bulat menyatu. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat kecil, lebih kecil dari kelereng. Anda atau lebih tepatnya saya harus bersabar saat membentuk adonan. Karena bentuknya harus kecil maka kita akan membentuk banyak adonan menjadi bola-bola kecil yang terus-menerus dan berulang kali. Jadi persiapkan tangan kita agar tidak pegal. Seperti menempelkan plester koyo misalnya, hehe.


Lalu letakkan adonan yang sudah dibentuk bola-bola pada wadah yang telah ditaburi tepung agar tidak lengket. Setelah semua adonan selesai dibentuk kemudian ayak untuk membuang tepung yang menempel berlebihan pada bola-bola.

Lantas bola-bola bubble siap untuk direbus. Didihkan terlebih dahulu air pada sebuah panci. Masukkan bubble dan masak hingga mengapung. Setelah mengapung, rebus terus bubble selama 5 sampai 7 menit agar bagian dalamnya matang dan tidak ada yang mentah satupun. Sesekali aduk agar semua bubble matang merata. Tiriskan dan rendam bubble dalam air es selama beberapa menit. Tiriskan kembali dan rendam bubble dalam air gula agar manis saat digigit. Bubble pun siap digunakan untuk campuran minuman atau toping es serut ala korea. Hmm.. Saya ngiler membayangkannya.


Resep ini mengasilkan banyak bola-bola kecil bubble. Jika dijadikan minuman mungkin bisa lebih dari 20 gelas. Dengan catatan dalam satu gelas diisi 1 sampai 2 sendok makan bubble saja.

Bubble saya simpan dalam chiller dalam wadah bersama air gula. Bubble saya ini hanya bertahan 2 hari. Di hari ke-3 bubble sudah tidak seenak dan sekenyal waktu baru selesai di rebus. Ini mungkin karena bubble menyerap air gula. Sedangkan untuk menyimpan di freezer saya belum pernah mencoba. Jadi saran saya saat anda akan membuat bubble ini rencanakan terlebih dahulu akan dijadikan apa bubble ini. Dijadikan minuman seperti yang saya buat ini atau dijadikan hidangan lain. Seperti menjadi isian puding misalnya atau campuran es krim, hmm sepertinya ide yang bagus. Apapun itu, supaya bubble ini tidak terbuang mubazir karena satu resep ini dapat menghasilkan banyak bubble. Jika sudah tak ada ide lagi, maka dijadikan cemilan saja sambil menonton tv. Hehe.



Berbicara mengenai minuman yang saya buat ini, namanya memang agak lebay, Iced Bubble Blue Sky. Minuman ini dari pop ice biru yang saya tambahkan susu bubuk dan sedikit gula pasir. Lantas saya blender bersama ice cube alias es batu yang berbentuk kotak. Kemudian dituang dalam gelas dan saya tambahkan beberapa lagi es batu. Dan jangan lupa, bubble yang sudah dibuat tadi. Sllrruuupp! Ah! Begitu menyegarkan. Sambil sesekali menyendokkan bubble yang kenyal dan manis. Meneguk ice bubble sambil memandang langit biru cerah di musim kemarau ini. Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan? Wakakak.

Oh ya, susu bubuk dan gula pasir bisa diganti dengan setengah atau full satu sachet susu kental manis. Atau anda skip pun tidak masalah. Karena biasanya pop ice sudah cukup manis. Jadi coba tambahkan sedikit dulu dan bila kurang maka bisa ditambah kembali.

Oke, berikut step by step homemade bubble/boba/black pearl/bubble pearl/pearl dan iced bubble blue sky yang birunya sebiru lagit di musim kemarau ini! Hehehe.


Homemade Bubble/Boba/Black Pearl/Bubble Pearl/Pearl dan Iced Bubble Blue Sky

Untuk banyak bubble dan 1 gelas iced bubble blue sky

Bahan bubble :
- 100 gram tepung tapioka
- 1 sendok makan bubuk coklat
- 2 sendok makan gula halus, gula pasir yang di blender hingga halus dengan blender dry mill (blender untuk bumbu kering)
- 1 sachet (30 gram) nutrijell coklat
- 100 ml air hangat
- 2 sendok makan tepung tapioka, untuk taburan
- Air agak banyak untuk merebus
- Air es secukupnya untuk merendam

Bahan air gula, rebus selama 3 - 5 menit hingga gula larut :
- 300 - 400 ml air
- 5 sendok makan gula pasir

Bahan iced bubble blue sky (untuk 1 gelas) :
- 1 sachet pop ice blueberry (biru)
- 2 sendok makan susu bubuk + 1 sendok makan gula pasir, atau bisa diganti ½ atau - 1 sachet susu kental manis
- 200 ml air
- 3 buah ice cube
- 2 - 3 sendok makan bubble
- 4 buah ice cube

Cara Membuat :
Membuat homemade bubble


Siapkan saringan, ayak tepung tapioka, bubuk coklat, gula halus, dan nutrijell. Letakkan pada sebuah mangkuk.

Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula atau sendok hingga bergerindil. Jangan langsung memasukkan air semuanya, agar adonan tidak lembek.

Uleni adonan hingga kalis dan menyatu. Jika sulit menyatu dan masih bergerindil, tambahkan air hingga adonan mudah diuleni dan menyatu.

Ambil sedikit adonan. Sekitar ¼ sampai ½ sendok teh atau lebih kecil dari kelereng. Bentuk bulat-bulat dan letakkan pada wadah yang telah ditaburi tepung tapioka agar tidak lengket. Lakukan hingga adonan habis.


Siapkan saringan. Ambil sekitar segenggam adonan bola-bola bubble. Ayak untuk menghilangkan tepung yang menempel berlebih pada adonan. Letakkan pada mangkuk dan lakukan hingga semua bola-bola adonan selesai bubble diayak.

Siapkan panci, masukkan air agak banyak dan masak hingga mendidih. Masukkan bola-bola adonan bubble dan masak hingga mengapung.

Setelah mengapung, biarkan bola-bola bubble tetap dalam panci dan lanjutkan merebus selama 5 sampai 7 menit. Aduk sesekali agar bola-bola bubble matang merata dan sampai ke bagian dalamnya.


Angkat dan tiriskan bubble. Langsung masukkan bubble dalam mangkuk berisi air es.

Tiriskan kembali bubble dari air es. Lalu masukkan dalam wadah berisi air gula. Diamkan sekitar 10 sampai 15 menit dalam air gula agar bubble terasa manis saat digigit. Bubble siap digunakan.

Membuat iced bubble blue sky


Siapkan gelas blender. Masukkan pop ice, susu bubuk, gula pasir. Susu bubuk dan gula pasir bisa diganti dengan ½ atau 1 sachet susu kental manis.

Tambahkan 3 buah ice cube/es batu kotak dan air.

Blender hingga tercampur rata.

Siapkan gelas. Masukkan 4 buah ice cube dan bubble. Tuang pop ice yang telah di blender. Sajikan segera. Sllrruuuupp! Aahh!

Sumber dan inspirasi :
Cookpad Dhiah Oddie, Bubble Pearl
Cookpad Tia Oktarani Kemala Sari, Ice Bubbble Milk
close