Menyusuri Keindahan Goa Barat Dan Sejarah Asal Usul Nama Goa Barat

1.      Asal usul nama Goa Barat
Penamaan Goa Barat itu sendiri menurut warga sekitar berasal dari kata barat yang berarti dalam bahasa jawa "barat" adalah angin.Goa Angin,karena memang dari dalam goa tersebut selalu mengeluarkan,menghembuskan angin melalui mulut goa dan angin inilah yang dalam bahasa lokal setempat disebut dengan barat.Dan pada saat saat tertentu angin yang di hembuskan dari dalam goa ini berasa kencang sehingga menimbulkan suara yang berisik dan membuat pepohonan di sekitar goa bergerakgerak tiada henti.

Dari lokasi tempat parkir yang telah disedikan pengelola,pengunjung akan disambut oleh pemandu caving yang siap mengantarnya menelusuri meinikmati keindahan dan eksotisme yang tersaji di dalam goa ini.
Dan sebelum memasukinya para pengunjung harus melengkapi dirinya dengan peralatan dan kelengkapan caving standar yang sekaligus disewakan seperti helm,sepatu,senter dan pakaian khusus caving,merupakan paket caving dengan harga sekitar Rp 30.000/orang.

2.      Lokasi Goa barat
Lokasi Goa ini  terletak di Blok Karangpucung, Dusun Pulamarta, Desa Jatijajar, kecamatan Ayah, Kebumen. Arah menuju lokasi ke gua Barat dapat ditempuh dengan perjalanan menggunakan angkutan umum (angkudes) atau kendaraan pribadi (mobil dan motor. Dimana jarak goa Barat dari kota Kebumen adalah sekitar 42 kilometer ke arah barat daya, atau sekitar 21 kilometer dari arah kota Gombong ke selatan. Untuk letak mulut goa Barat itu tidak jauh dari perkampungan warga di Karangpucung, sehingga dengan berjalan kaki hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.

3.      Keindahan Goa Barat
Goa Barat ini dengan julukanya sebagai goa 100 air terjun yang karena saking banyaknya jumlah air terjun di dalamnya dengan ketinggian rata rata antara setengah meter hingga sepuluh meter yang merupakan sumber atau jalur air dalam bumi yang berkarakteristik karst yang kemudian keluar dan menjadi sungai permukaan.

Dengan nuansa eksotik, mistis, serta petualangan yang dirasakan saat memasuki mulut goa, adalah karena  mulut goa yang cukup kecil, dan dipenuhi dengan bermacam stalakmit-stalaktit yang masih hidup di dinding atas goa Barat, sehingga kita harus berhati-hati ketika menulusuri goa Barat.
Sebelum memasuki mulut goa breefing dari pemandu harus diperhatikan dengan baik. Kita juga harus melakukan warming up terlebih dahulu sekitar 10 menit bersama dengan kelompok untuk peregangan atau pelemasan sehingga otot-otot dalam tubuh meregang dan lemas. Terlebih medan yang akan dilalui termasuk medan yang berat sehingga membutuhkan tenaga ekstra. Berdoa tidak boleh lupa, sebagai wujud syukur kita terhadap Yang Maha Kuasa atas segala apa yang telah dikaruniakan kepada kita semua.

Harus diperhatikan, bahwa saat menelusuri area di dalam goa Barat harus didampingi pemandu wisata goa yang sudah berpengalman dan tahu pasti letak dan area di dalam goa Barat. Karena kondisi medan di dalam Goa Barat yang cukup berat dan menantang karena cukup sempit dan gelap, sehingga mewajibkan setiap pengunjung membawa peralatan khusus atau peralatan caving pada umumnya, seperti senter, helm khusus, SRT, tali descender, pakaian khusus, dan sejenisnya. Atau bila tidak memiliki, maka Anda bisa menyewa perlengkapan tersebut untuk menelusuri keindahan alam di goa Barat dan sungai bawah tanah di Goa Barat. Untuk bisa sampai ke lokasi sungai bawah tanah yang indah dan menakjubkan dengan air yang sangat jernih, kita harus menulusuri sejauh kurang lebih 300 meter dari mulut goa Barat.

Fenomena keindahan alam bawah tanah di dalam goa Barat Kebumen ini tidak hanya menyajikan sungai bawah tanah dan keindahan stalaktit-stalakmit hidup, namun masih ada lagi, antara lain adanya air terjun. Air terjun di dalam gua Barat itu muncul dari tanah yang mengalir sepanjang 1 km lalu masuk kembali ke dalam tanah. Balai Pengelolaan Sumberdaya Air (PSDA) Progo Bogowonto Luk Ulo (Probolo) pernah mengukur kapasitas sumber air di di goa tersebut mencapai sekitar 255 liter/detik. Sampai di sungai bawah tanah dalam Goa Barat tersebut, perjlanan menelususi keindahan Goa Barat semakin berat, sehingga hanya mereka yang memiliki nyali dan keahlian menyusuri goa dengan peralatan memadai saja yang bisa melanjutkan perjalanan menyusuri goa Barat sampai ke ujung goa. Karena, diperkirakan bahwa ujung akhir dari goa Barat adalah tembus dan berada di laut kawasan Karangbolong. dan untuk menelusuri goa secara penuh diperkirakan membutuhkan waktu 10 hari.
close