RESEP CARA MEMBUAT NASI BRIYANI ACEH



Nasi briani aceh sama seperti namanya makanan ini merupakan resep tradisional aceh yang berupa nasi. Nasi briani aceh ini merupakan nasi kuning yang terbuat dari rempah - rempah penempatan bumbu ini diutamakan pada nasi, sehingga nasi ini memiliki rasa yang khas sesuai dengan lidah masyarakat aceh. 

resep masakan ini yaitu nasi briani aceh digolongkan sebagai menu main course tradisional khas aceh yang dimana resep yang satu ini hampir sama seperi nasi goreng hanya saja awal tahap pembuatannya dari beras bukan nasi, walaupun namanya nasi briani bukan berarti makanan ini hanya berupa nasi tetapi dihidangkan bersama daging tentunya yang dimana diolah bersamaan dengan nasi ini.

Silahkan cek resep cara membuat nasi briani aceh berikut :




RESEP
NASI BRIYANI ACEH




  • BAHAN : 
    1. 500 gram beras ( Gunakan beras ~>Long grain rice )
    2. 300 gram daging kambing, potong dadu 2 x 2 cm
    3. 175 ml susu / yogurt
    4. 1 buah bawang bombay, choped halus
    5. 5 buah kapulaga
    6. 10 butir cengkeh 
    7. 1 buah bunga lawang / pekak
    8. 1/2 sendok teh adas
    9. 1/4 jinten 
    10. 1 sendok teh pala bubuk
    11. 1 sendok teh merica bubuk
    12. 1/2 sendok teh kunyit bubuk
    13. Garam secukupnya
    14. Merica bubuk secukupnya
    15. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
    16. 650 ml Air untuk merebus



  • CARA MEMBUAT :
    1. Pertama 300 gram daging kambing hilangkan dulu lemaknya lalu daging kambing dipotong dadu ( tidak perlu dicuci ! ) lanjut masukan potongan kedalam mangkuk tambahkan perasan jeruk nipis , dan taburan garam serta merica bubuk secukupnya lalu aduk hingga tercampur rata diamkan paling tidak 20 menit agar bau yang ada pada daging kambing hilang.
    2. Selanjutnya Siapkan wajan Tumis bawang bombay yang dichoped halus dengan 3 sendok makan minyak goreng sampai layu masukan 5 buah kapulaga, 10  butir cengkeh, 1 buah pekak/bunga lawang lalu aduk sampai tercium aroma wangi.
    3. Kemudian Masukan daging kambing yang sudah dipotong dan diberi bumbu  dan semua sisa bahan yaitu 1/2 sendok teh adas, 1/4 jinten,1 sendok teh pala bubuk, 1 sendok teh merica bubuk, 1/2 sendok teh kunyit bubuk dan juga garam secukupnya lalu Aduk sampai daging berubah warna  tuangi air secukupnya, masak sampai lunak
    4. Setelah itu tambahkan air 650 ml, didihkan. Masukan beras ( long graim rice ) dan yogurt / susu lalu Masak sampai cairan terserap habis oleh beras, setelah cairan terserap habis angkat lalu dinginkan
    5. Kemudian Kukus sampai matang beras ( long grain rice yang setengah matang tadi ) termasuk bersama daging dan semua bahan yang tercampur, setelah matang angkat lalu sajikan. 
close