Resep Dan Cara Membuat Pepes Ikan Istimewa

Cara Membuat Pepes Ikan tidaklah sulit, asalkan kalian pandai dalam hal memilih Ikan apa yang akan kalian gunakan dan juga kalian tahu resepnya dan juga bagaimana cara mengolah Pepes Ikan agar tidak berbau amis atau anyir. Saya punya solusinya untuk membuat pepes ikan agar tidak bau amis atu anyir.

Bagi anda yang gemar pedas dapat membuat Pepes Ikan yang pedas dan gurih, namun apabila anda tidak suka pedas dapat juga membuat Pepes Ikan yang terasa ada cabainya namun tidak pedas jadi rasa gurihnya lebih dominan. Pepes Ikan sangat cocok untuk keluarga di rumah termasuk si kecil, karena kandungan gizi berupa protein dari Ikan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan.

Bahan dan Bumbu Resep Pepes Ikan

           1.  Sesuai namanya, resep ikan pepes membutuhkan ikan segar kurang lebih sebanyak 1 kg. Cuci bersih bagian tubuh luar dan dalam ikan dan beri sayatan 2-3 kali supaya bumbu lebih mudah meresap. Jeruk nipis ukuran sedang besar secukupnya (kurang lebih sekitar 2-3 pcs), tergantung ukuran jeruk yang digunakan. Potong menjadi beberapa bagian lalu peras dan keluakan airnya untuk melumuri ikan.
           2.  Garam dapur beryodium secukupnya untuk melumuri ikan sebelum dimasak dan untuk bumbu halus/tumisannya (bumbu halus butuh kurang lebih sebanyak satu sendok kecil).
3.                  Penyedap rasa secukupnya kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil. Bisa dihilangkan kalau tidak suka dan diganti dengan menabahkan garam dan gula pasir.
4.                  Daun pisang yang utuh dan segar secukupnya. Jangan lupa bersihkan kedua permukaan daunnya lalu panaskan sebentar di atas api sampai agak layu (dengan cara digeser diatas api, jangan sampai gosong) supaya mudah saat dibungkus nantinya.
5.                  Buah Cabai Rawit merah kurang lebih sebanyak 8-11 pcs. Cuci bersih sebelum digunakan.
6.                  Buah cabai merah besar segar kurang lebih sebanyak 3-5 pcs (sesuai selera). Cuci bersih dan iris kecil kecil untuk campuran bumbunya.
7.                  Daun salam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 4 lembar. Cuci bersih sebelum dicampur dengan bahan lain.
8.                  Minyak sayur secukupnya.
9.                  Air bersih secukupnya (kurang lebih sebanyak 2 liter saja).
10.              Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 6 ruas jari orang dewasa. Kupas kulitnya lalu iris iris tipis tipis.
11.              Daun bawang segar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Cuci bersih lalu iris kecil kecil.
12.              Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 ruas jari orang dewasa. Cuci bersih, kupas pasar lalu iris.
13.              Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 3 ruas jari orang dewasa. Cuci bersih bagian luarnya, kupas kasar lalu iris iris.
14.              Batang serai kurang lebih sebanyak 2 batang. Cuci bersih lalu iris kecil kecil.
15.              Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 14 siung. 4 pcs untuk bumbu halusnya dan 10 pcs dikupas lalu di iris tipis tipis.
16.              Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 12 pcs. Kupas kulitnya lalu 2 siung dihaluskan untuk bumbu halus dan 10 pcs diiris tipis tipis.
17.              Kemiri kurang lebih sebanyak 9-10 pcs untuk bumbu halus.
18.              Gula merah kurang lebih sebanyak 1 sendok saja. Sisir tipis tipis untuk bumbu halusnya.
19.              Ketumbar kurang lebih sebanyak satu sendok makan untuk bumbu halusnya.
20.              Terasi kualitas bagus sedikit saja.
21.              Pala bubuk atau halus kurang lebih sebanyak seperempat sendok kecil saja untuk campuran bumbu halusnya.

Cara Membuat Resep Ikan Pepes Mudah Sederhana
1.                  Setelah ikan yang akan digunakan dibersihkan sampai benar benar bersih, lumuri seluruh bagian ikan dengan campuran air jeruk nipis dan garam dapur beryodium sampai semua bagian ikan tertutupi sempurna. Biarkan dan diamkan sebentar supaya bau amis khas ikannya hilang.
2.                  Sambil menunggu perasan jeruknya meresap, teman teman bisa membuat bumbu halusnya.
3.                  Untuk menghaluskan bumbunya bisa menggunakan blender tetapi untuk hasil yang terbaik, sebaiknya kita pakai cara manual aja, yaitu di uleg menggunakan tangan semua bumbu halusnya, seperti gula merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, sedikit terasi, pala, kemiri, minyak sayur supaya lebih lembek dan cepat merasuk ke dalam bumbunya dan beri garam secukupnya sampai benar benar halus.
4.                  Bumbu yang sudah dihaluskan diatas dibagi menjadi dua. Satu bagian untuk melapisi ikan bagian dalam dan luar yang pertama lalu sebagian lagi dicampur dengan (bumbu iris) cabai merah besar yang diiris, jahe yang diiris, bawang merah iris, bawang putih iris, kunyit iris, daun bawang iris, lengkuas iris dan serai iris untuk bagian luarnya.
5.                  Lumuri ikan yang sudah dilumuri dengai air jeruk diatas dengan bumbu halus yang pertama. Ratakan sampai semua bagian luar ikan dan bagian dalam ikan (perut) terisi semua dengan rata.
6.                  Ambil daun pisang yang sudah dibersihkan sebelumnya lalu potong sesuai ukuran yang dikehendaki untuk membungkus dan mengukus ikan pepesnya.
7.                  Ambil sebagian bumbu halus yang dicampur dengan irisan bumbu lainnya lalu taruh di atas daun pisang lalu ambil ikan dan tarus diatas bumbu tersebut.
8.                  Ambil sisa bumbu halus plus irisan bumbu dan lumuri kembali bagian luarnya. Tambahkan daun salam, daun kemangi dan potongan besar cabai rawit di atas ikan lalu utup daun pisang dengan rapi dan kunci menggunkan tusuk gigi atau lidi.
9.             Siapkan panci atan dandang atau teman teman juga bisa menggunakan panci presto supaya daging benar benar lunak sampai kedalamnya.
10.              Masukkan air secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 liter dan tambahkan sedikit minyak sayur ke dalamnya (kurang lebih sebanyak 2 sendok saja).
11.              Hidupkan dengan api sedang kecil sampai air mendidih lalu masukkan bungkusan daun pisang yang berisi pepes ikannya. Tutup dan kukus sampai matang atau kurang lebih selama satu jam.

Khasiat dan Manfaat dari Pepes Ikan
Kita semua tahu bahwa mengkonsumsi ikan baik bagi tubuh kita. Bahkan fakta mengatakan bahwa ikan merupakan sumber makanan super untuk melawan efek penuaan (anti-aging superfood). Selain kandungan proteinnya yang tinggi, ikan juga mengandung lemak baik yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh.


Ikan mengandung asam lemak Omega-3 yang membantu menjaga kesehatan organ jantung dan membuatmood kita tetap baik. Ikan telah terbukti merupakan makanan penting bagi orang yang memiliki usia yang panjang di berbagai belahan dunia.
close