RESEP CARA MEMBUAT ASAM UDEUNG




Asam udeung adalah makanan khas aceh yang terbuat dari udang rebus yang dicampur bumbu halus dan bumbu rajang yang dimana masakan ini memiliki bumbu - bumbu dengan rasa asam dan pedas masakan ini bisa dikategorikan sejenis sambal tapi karna dihidangkan bersama udang yang termasuk unsur hewani makanan ini cocok sebagai makanan pembuka dan dapat dijadikan makanan peneman bersama lauk. 

resep makanan seperti asam udeung ini bisa dikategorikan sebagai cold appetizer atau salad karna berfungsi merangsang lidah yang menyantap makanan ini sehingga untuk makanan selanjutnya lebih enak saat disantap.

Silahkan cek resep cara membuat asam udeung berikut :




RESEP
ASAM UDEUNG




  • BAHAN :
    1. 10 ekor udang, kupas lalu cuci bersih 
    2. 3 lembar daun jeruk purut, hilangkan tulang daunnya lalu iris tipis
    3. 3 buah cabai besar merah, iris halus
    4. 10 buah cabai rawit merah 
    5. 3 siung bawang merah
    6. 2 buah belimbing sayur tua
    7. Garam secukupnya



  • CARA MEMBUAT :
    1. Pertama 10 ekor udang dikupas lalu ditoreh punggungnya dan buang kotorannya lalu sisihkan dimangkuk tambahkan garam & merica serta cuka / air jeruk nipis secukupnya diamkan 10 - 15 menit.
    2. Selanjutnya Kukus udang sampai berubah warna lalu angkat dan sisihkan.
    3. Haluskan 10 buah cabai rawit merah  3 siung bawang merah 2 buah belimbing sayur tua, tambahkan garam secukupnya lalu aduk sisihkan.
    4. Campurkan udang bersama bumbu halus,  irisan daun jeruk purut dan irisan cabai besar Aduk rata lalu sajikan bersama lauk lainnya.
close