Resep Terong Gulung Daging


Terong sebenarnya bukanlah sayuran yang saya suka. Lalu kenapa saya memasaknya? Simpel saja alasannya, karena saya penasaran dengan resep terong gulung ala turki yang begitu menggiurkan kala melihat foto resepnya di cookpad.

Resep itu di posting oleh Indirouche. Nah, saya lantas memodifikasinya dengan bahan-bahan yang ada dirumah. Hasilnya mungkin agak berbeda dengan yang asli. Tapi rasanya tetap mantap sebagai pendamping spaghetti atau pasta jenis lain. Dengan kentang goreng/rebus atau nasi pun mungkin juga pas.



Lihat juga resep daging sapi lainnya :

Di resep ini saya menggunakan terong ungu. Tapi dengan terong hijau pun mungkin bisa juga. Tapi karena terong identiknya berwarna ungu jadi memang lebih cantik jika menggunkan terong ungu.

Terong dibelah memanjang menjadi 4 atau 5 bagian. Terong lalu di masak dengan sedikit minyak hingga layu dan lentur sehingga memudahkan kita saat akan menggulung. Daging sapi cincang sebagai isian terong di aduk rata dengan bumbu. Anda juga bisa menggantinya dengan ayam jika daging sapi tidak ada.



Daging kemudian diletakkan di salah satu sisi terong dan mulailah menggulung. Setelah selesai menggulung lalu tusuk dengan lidi atau tusuk sate yang dipotong-potong agar lebih kecil seperti yang saya gunakan. Terong gulung pun siap dimasak dalam saus. Jika ada adonan daging yang masih tersisa maka bentuk bulat-bulat dan masak di pan anti lengket hingga mengeluarkan air dan airnya mengering dan daging berwarna kecoklatan. Lalu masukkan bersama terong yang telah digulung dan masak dalam saus hingga saus mengental atau menjadi setengah dengan api kecil.

Nah jika anda sudah sering membuat terong menjadi terong balado atau sayur lodeh terong maka resep ini wajib anda coba karena ada rasa yang berbeda. Sedikit asam dari tomat dan harum khas dari basil dan oregano. Jika anda ada keju, bisa ditambahkan di saus. Saus akan jadi lebih gurih dan ngeju, tapi di resep asli tidak menyertakan keju ya. Ini sekedar optional saja.



Sekilas tentang terong. Menurut wikipedia terong memiliki nama ilmiah yakni Solanum melongena. Terong atau terung adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka. Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat. Terong merupakan anggota dari famili Solanaceae, sehingga dulunya buah terong pernah dianggap beracun, sebagaimana buah beberapa varietas leunca dan kentang.


Dari artikel di Alodokter, banyak kandungan nutrisi bermanfaat pada terong. 100 gram terong memiliki 25 kilokalori dengan kandungan protein, karbohidrat, lemak, potasium, vitamin C, Vitamin B6, zat besi dan magnesium. Selain itu, ada pula kandungan asam klorogenat yang diyakini baik untuk tubuh. Meski begitu, ada kemungkinan terjadinya perubahan kandungan nutrisi terong pada musim tertentu atau karena cara penanamannya.

Beberapa kemungkinan manfaat konsumsi terong antara lain dapat menekan risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, meningkatkan energi, serta menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Sebuah studi menunjukkan, kaitan asam klorogenat pada terong yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ada pula manfaat lain seperti antioksidan, antivirus, serta mencegah kanker.


Meski memiliki kemungkinan banyak manfaat, ada pula yang mengalami alergi terhadap sayuran terong. Gejala alergi yang dikeluhkan seperti sakit kepala, gatal pada kulit atau rongga mulut, atau pun sakit perut. Keluhan itu umumnya muncul segera setelah mengonsumsi terong, yaitu kurang dari dua jam. Orang yang berisiko mengalami alergi terutama yang memiliki riwayat hipersensitivitas.

Selain itu, konsumsi terong tidak disarankan untuk orang yang memiliki kadar zat besi rendah, karena kandungannya dapat mengikat zat besi dan menghilangkannya dari sel. Konsumsi terong juga disarankan untuk dibatasi pada penderita gangguan ginjal, karena dapat memicu pembentukan batu ginjal.

Oke, saya akhiri sekilas tentang terong. Berikut resep step by step terong gulung daging dilengkapi foto!


Terong Gulung Daging

Untuk 4 – 5 porsi

Bahan terong gulung :
- 2 - 3 buah terong ungu
- Sedikit minyak (kurang dari 1 sendok makan) untuk memasak terong
- 200 gram daging sapi cincang
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 butir kemiri
- 1 sendok teh garam

Bahan saus :
- 6 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 5 buah cabai merah keriting
- Sedikit pala
- 2 buah tomat merah, cincang kasar
- 150 ml puree tomat
- 1 sendok teh basil
- 1 sendok teh oregano
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 400 ml air
- 3 sendok makan minyak

Cara Membuat :


Haluskan bawang merah, bawang putih , kemiri dan garam. Siapkan mangkuk, masukkan daging dan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk hingga tercampur merata. Sisihkan.

Siapkan terong, belah memanjang menjadi 4 atau 5 bagian. Siapkan wajan atau pan, tuang sedikit minyak (kurang dari 1 sendok makan) dan panaskan. Masukkan 3 atau 4 lembar terong dan masak hingga layu dan sedikit kecoklatan di kedua sisinya. Ankat dan tiriskan. Lakukan hingga semua terong habis.


Siapkan selembar terong. Letakkan sekitar 1 – 2 sendok makan daging pada salah satu sisi terong. Gulung dan tusuk dengan lidi atau tusuk sate yang dipotong menjadi tiga bagian. Lakukan hingga semua terong habis. Sisihkan.

Jika daging masih tersisa, bentuk bulat-bulat. Panaskan wajan anti lengket, letakkan bola-bola daging. Masak hingga air pada daging keluar dan habis hingga kering. Bolak-balik dan masak hingga kecoklatan. Angkat dan sisihkan. Lakukan hingga semua daging habis.


Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan pala. Sisihkan.

Siapkan wajan atau pan, tuang minyak dan panaskan. Masukkan bumbu halus dan tumis hingga bumbu harum dan matang. Masukkan tomat dan masak hingga tomat sedikit hancur. Masukkan puree tomat, aduk-aduk dan masak sesaat hingga meletup-letup.


Masukkan air, basil, oregano, garam, dan gula pasir. Aduk dan masak hingga mendidih. Masukkan terong gulung dan bola daging. Aduk dan masak kembali hingga mendidih. Masak hingga saus menjadi setengah, aduk sesekali agar bumbu merata dan terong serta daging matang merata. Cicipi kembali rasanya, tambahkan gula dan garam bila kurang pas. Angkat dan sajikan.

Sajikan dengan pasta atau kentang. Nasi sepertinya juga cocok. Tambahkan keju bila anda suka. Mantap!

Sumber dan Inspirasi :
Cookpad Indirouche, Terong Gulung ala Turki
close