Resep Tteokbokki Saus Bolognaise


Bisa dibilang saya ini tidak begitu update tentang korea. Karena saya bukanlah k-popers sehingga drama atau boy/girls band mereka jarang saya ketahui nama aktor atau personilnya. Saya baru mengenal mereka ketika muncul di televisi nasional. Seperti misalkan The Heirs dengan aktor Lee Min Ho baru saya ketahui ketika tayang di RCTI. Sedangkan di musik saya baru tahu lagu TT dari Twice pada saat cover dance di acara Inbox SCTV. Drama dan musik korea memang lah bagus, tapi karena sudah saking banyaknya diproduksi malah membuat saya malas untuk mengikutinya. Rasanya seperti saya sudah ketinggalan jauh berkilo-kilo jaraknya dan sepertinya sudah terlambat untuk mengetahui lebih banyak tentang entertainment mereka.



Sebenarnya tidak menjadi masalah ketika saya tidak tahu tentang drama yang sedang hits. Tapi yang jadi masalah ketika dalam drama terdapat adegan makan makanan khas korea yang membuat semua orang akan segera tahu makanan khas korea itu. Sedangkan saya baru akan tahu setelah menjadi hits dan banyak dibicarakan orang. Disitulah saya merasa diri ini melas. Seakan saya sudah ketinggalan start lari dan finish paling akhir. Yang lain sudah mencicipi sedangkan saya belum. Seperti itulah pengibaratannya. Kata-kata bijak lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali mungkin harus segera diterapkan dalam kehidupan saya. Hehe



Seperti yang saya ungkapkan diatas, tteokbokki ini pun baru saya ketahui belum lama ini. Waktu itu saya sedang mencari resep (yang saya lupa resep apa yang saya cari waktu itu) di youtube. Dari sekian banyak hasil pencarian ada yang begitu menggoda untuk dilihat. Yakni resep tteokbokki dari youtubenya eugeni kitchen. Begitu melihat videonya saya langsung terbayang-bayang sendang menyantap tteokbokki. Membuat saya terus kepikiran, betapa lezatnya masakan korea itu.


Lihat juga resep unik lainnya :


Dengan rasa penasaran yang menggebu, saya lantas mengubek-ubek cookpad. Mencari apakah ada resep homemade kue beras korea. Karena tahu sendirikan kalau bahan masakan korea terkenal mahalnya. Disinilah keuntungan menggunakan cookpad. Pengguna yang banyak dan latar belakang yang berbeda menjadikan cookpad tempat pertama bagi saya untuk mencari resep baru yang sedang hits atau kekinian. Karena banyak pengguna itulah makanan yang sedang hits mudah ditemukan resepnya di cookpad. Selain itu pengguna yang banyak menjadikan saya dapat membandingkan resep satu sama lain sehingga saya dapat memperoleh resep yang sesuai dengan saya.


Umumnya tteokbokki hadir dengan saus pedas ala korea, tapi karena alasan bahan yang mahal dan sulit dicari maka saya membuatnya dengan saus bolognese. Resep ini saya ambil dari beberapa sumber. yakni dari Mita Sagitha, asiyahtsabita, flow, dan Nick Setiawan. Saya hanya mengikuti resep homemade kue beras koreanya saja dan mengkreasikan sendiri saus bolognesenya. Mungkin anda terkejut jika membaca daftar bumbu halus dibawah. Saya sama sekali tidak menggunakan bawang baombay dan menggantinya dengan bawang merah. Ini karena saya jarang menstok bawang bombay dirumah. Saya hanya menggunakan selembar keju slice diresep. Nah jika menurut anda kejunya terasa kurang maka tambahkan sesuai selera anda masing-masing ya. Walau menggunakan bahan yang minim, percayalah tteokbokki ini sangatlah lezat. Kenyal dan gurih!


Selebihnya, membuat tteokbokki ini mudah. Buat kue berasnya kemudian masak sausnya. Lalu jadikan satu dan masak sampai kental. Tara! Jadilah tteokbokki dengan saus bolognese. Berikut step by step resep tteokbokki saus bolognese dilengkapi foto!


Tteokbokki Saus Bolognaise

Untuk 3 - 4 porsi

Bahan kue beras korea :
- 250 gram tepung beras
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan minyak
- 200 ml air panas

Bahan lainnya :
- Air agak banyak untuk merebus
- 1 sendok makan minyak

Bahan saus bolognaise :
- 150 daging sapi cincang
- 250 ml puree tomat dari 5 buah tomat, resep homemadenya klik disini
- 1 lembar keju cheddar slice
- 1/2 sendok teh basil
- 1/2 sendok teh oregano
- 1/2 sendok teh rosemary
- 1/2 sendok teh thyme
- 1 sedok makan gula pasir
- 250 ml air
- 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu saus bolognaise, haluskan :
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 buah cabai merah keriting, rebus
- 1/2 sendok teh merica butiran
- Sedikit pala
- 1 sendok teh garam

Cara membuat :
Membuat kue beras korea


Siapkan mangkuk, masukkan tepung beras, garam, dan minyak. Aduk rata. Masukkan air panas sedikit-sedikit sambil diaduk. Kemudian uleni hingga kalis.


Bagi adonan menjadi 8 bagian. Kemudian ambil 1 bagian adonan dan bentuk memanjang. Bagi menjadi dua sama panjang. Kemudian sejajarkan dan potong menjadi 3 bagian. Sehingga dari 1 bagian kita mendapat 6 potong. Jika dirasa pendek maka panjangkan dengan menekan sambil diguling-gulingkan di talenan. Lakukan hingga habis


Siapkan panci, masukkan air agak banyak dan 1 sendok makan minyak lalu rebus hingga mendidih. Masukkan kue beras dan masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Membuat tteokbokki saus bolognese


Siapkan wajan, tuang minyak dan panaskan. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daging cincang. Aduk-aduk dan masak hingga daging tidak berwarna pink lagi. Masak daging hingga kering dan air yang keluar dari daging habis.


Masukkan puree tomat dan masak hingga meletup letup. Masukkan air, tambahkan keju, basil, oregano, rosemary, thyme, dan gula pasir. Aduk rata dan masak hingga mendidih dan keju larut.


Masukkan kue beras, aduk rata. Masak hingga kuah menyusut dan berkurang setengah. Cicipi rasanya. Tambahkan garam dan gula bila kurang pas. Angkat. Sajikan tteokbokki selagi hangat. Yummmi!

Sumber dan Inpirasi :
Cookpad Mita Sagitha, Tteokbokki Bunda Kay
Cookpad asiyahtsabita, Tteokbokki Bolognaise
close