Resep Dan Cara Memasak Iga Kambing Bakar Empuk Dan Lezat

Menu Masakan dari kambing memang selalu berhasil membuat lidah bergoyang, dan nafsu makan bertambah. Salah satu masakan dari kambing adalah Iga Bakar kambing. Jika selama ini kamu memasak iga bakar dengan panci presto untuk mendapatkan tekstur empuk dan bumbu yang meresap. Sekarang kamu dapat menggunakan Teflon untuk memasak iga kambi supaya empuk. Memasak Iga Bakar dapat kamu lakukan gengan menggunakan teflon, dan tentu saja hasilnya tidak kalah enaknya dengan maskan-masakan resto yang terkenal.

Berikut ini adalah resep dan juga bahan-bahan  untuk mendapatkan Iga Bakar yang empuk dan lezat. Yuk, simak cara membuatnya.
Bahan-bahan dan bumbu iga kambing bakar:
         250 gr iga kambing (dapat diganti daging kambing)
         5 siung bawang putih, ulek halus
         5 cm kunyit, kupas dan ulek halus
         1,5 liter air
         2 sdm minyak samin
         4 sdm Kecap Bango
         10 bawang merah, iris halus
         2 tomat merah, iris besar-besar
         5 rawit merah, iris halus
         Garam secukupnya
         Lada putih secukupny

Cara membuat Iga Kambing Bakar:
         Pertama Bersihkan iga dan potong 2/3 ruas saja agar cepat matang merata.
         Rebus iga dengan bawang putih dan kunyit halus. Tambahkan sedikit garam, rebus sampai empuk 1 jam.
         Angkat Iga dan  dinginkan sebentar.
         Bakar iga sebentar sampai berwarna kecokelatan atau garang di atas wajan datar/teflon
         Panaskan minyak samin di atas wajan/gerabah. Penggunaan gerabah tembikar memberi aroma alami yang unik sehingga menambah citarasa masakan.
         Masukkan irisan bawang merah, cabe dan tomat. Campurkan iga kedalam wajan/gerabah, aduk rata.
         Tambahkan Kecap Bango dan sedikit lada putih
         Aduk rata, angkat dan sajikan .

Menikmati menu iga daging kambing bakar akan lebih nikmat dengan menggunakan lalapan dan sambal terasi. Menu sederhana yang akan menggugah selera para pecinta olahan daging kambing. Lalapan seperti timun, kol, slada dan sebagainya bisa Anda siapkan ditambah dengan sambal tomat atau sambal kecap atau sambal terasi, tergantung selera.

1. Sumber Energi Cukup Besar
Manfaat pertama dari daging kambing yang tidak dapat kita pungkiri adalah sumber energi yang cukup besar untuk beraktivitas sehari hari. Kandungan kalori, lemak dan protein akan menjaga tubuh tetap fit selama mengkonsumsi daging ini.

2. Pembentukan Otot
Kandungan protein dalam daging kambing merupakan salah satu yang paling besar di bandingkan dengan daging-daging lainnya. Protein kita ketahui merupakan zat yang sangat penting untuk pembentukan otot dan pertumbuhannya.

3. Mencegah Anemia
Daging kambing merupakan salah satu daging yang termasuk dalam kelas daging merah, seperti yang kita ketahui daging merah sangat penting untuk dikonsumsi saat anda mengalami anemia.
Penting untuk anemia:

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Perlu anda ketahui bahwa daging kambing memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, tercatat per 100 gram dapat memenuhi 26 % kebutuhan harian zat besi tubuh kita. Manfaat zat besi seperti yang kita ketahui salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

5. Sumber Antioksidan
Koq bisa ? ternyata daging kambing merupakan salah satu sumber Selenium yang cukup besar, total ada 38.0 mcg atau 54% kebutuhan harian. Manfaat antioksidan sendiri adalah salah satu sumber antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Salah satu yang menjadi sumber gigi daging kambing untuk kesehatan mata adalah kandungan Riboflavin yang dikenal dengan vitamin B2. Kandungan Riboflavin dalam 100 gr daging kambing adalah 0.3mg atau 18% dari kebutuhan harian.

7. Menjaga Sistem Saraf
Sistem Saraf manusia sangat kompleks, nah daging kambing merupakan salah satu sumber energi yang cukup besar serta memiliki zat yang baik untuk saraf yaitu vitamin B12. Kandungannya 4.4 mcg atau 74% dari kebutuhan harian per 100 gr konsumsi. Bisa anda bayangkan betapa besarnya kandungan vitamin b12 dari daging kambing, ini akan sangat baik untuk sistem saraf.

8. Kesehatan Mental
Masih terkait dengan kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi, selain untuk menjaga syaraf dan fungsi utamanya untuk mengubah energi. Vitamin B12 dalam kambing ini juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

9. Meningkatkan HDL (Kolesterol Baik)
Kandungan niacin (Vitamin B3) dalam daging kambing merupakan “Pelaku” yang dapat meningkatkan kandungan HDL dalam darah, jadi anda tidak perlu terlalu khawatir dengan lemak jahat di darah anda. Kandungan niacin dalam 100 gr daging kambing 6.5 mg atau 33% kebutuhan harian.

10. Kesehatan Tulang

Manfaat daging kambing yang ke 10 adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan Phosphorus sebesar  272 mg dalam 100 Gr daging kambing atau 27% kebutuhan harian. Zat ini merupakan salah satu dari zat yang dapat menjaga kekuatan tulang begitu juga dengan kesehatannya.
close