Resep Spaghetti Terong Ayam Pedas


Sepertinya saya ini orang yang mudah kemakan iklan. Terutama iklan yang berhubungan dengan makanan di TV. Sebut saja iklan Ajinomoto, KFC, dan Mc D, selalu sukses membuat saya menelan ludah. Oh, betapa ngilernya saya melihat masakan-masakan atau menu yang mereka iklankan. Seperti ayam goreng berbalut tepung dengan saus keju pedas, hm saya hanya bisa melototinya saja tiap nongol di TV. Hiks.

Resep spaghetti ini pun juga karena iklan di televisi. Iklan La Fonte yang selalu menyertakan alamat websitenya membuat saya penasaran ingin segera melihat resep apa saja yang ada disana. Begitu banyak disana resep spaghetti dan jenis pasta lainnya. Bagi pecinta pasta melihat resep-resep disana bagaikan berada di surga. Ah lebay, hehe.Semuanya menggiurkan dan rasanya ingin dicoba semua.


Lihat juga resep simpel lainnya :

Sebelumnya saya pernah membuat spaghetti dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia, yakni spaghetti aceh. Klik disini untuk melihat resepnya. Pada dasarnya resep spaghetti aceh saya itu hanya mengganti mie dengan spaghetti dan tetap menggunakan bumbu-bumbu yang biasanya untuk membuat mie aceh. Nah sebenarnya spaghetti itu sama saja dengan mie, fleksibel dengan bumbu-bumbu apa saja. Jadi spaghetti tidak melulu harus menggunakan rempah khas italia atau krim dan keju. Tapi jika anda suka dengan spaghetti yang berbumbu khas italia maka saya mempunyai resepnya, yakni spaghetti daging cincang. Silahkan klik disini untuk melihat resepnya.

Oke sekarang kita menuju ke resep spaghetti yang saya posting kali ini. Membuat spaghetti ini sangat mudah. Karena judulnya ada kata pedas jadi kudu pakai cabai yang banyak. Saya menggunakan cabai rawit setan yang rasanya lebih pedas dari cabai rawit biasa. Spaghetti yang digunakan seberat 300 gram. Nah setelah di rebus spaghetti kemudian mengembang dan menjadi banyak jumlahnya. Sedangkan saya hanya menggunakan cabai rawit setan sebanyak 3 buah saja. Jadi setelah matang tidak begitu terasa pedas di lidah. Nah saran saya gunakan sekitar 5 sampai 7 buah cabai rawit setan agar lebih terasa pedasnya.


Untuk terong saya menggunakan yang berwarna ungu. Usahakan memasak terongnya jangan terlalu lama, agar warnanya tetap ungu cantik. Ini karena saya agak kelamaan memasaknya jadi warnanya tidak ungu lagi dan malah menjadi butek dan membuat tidak sip kala di foto. Nah, sedangkan ayamnya bisa gianti ikan, daging sapi, atau yang sudah berupa olahannya seperti bakso, sosis, fish cake, dan lainnya. Sebenarnya resep asli dari La Fonte menggunakan ikan tongkol, tapi karena saya tidak begitu suka ikan jadi saya menggunakan ayam goreng yang sudah di suwir-suwir sebagai penggantinya.

Seperti halnya mie goreng resep spaghetti ini mudah. Berikut resep step by step spaghetti terong ayam pedas dilengkapi foto!


Spaghetti Terong Ayam Pedas

Untuk 4 - 5 porsi

Bahan :
- 300 gram spaghetti
- 2 buah (300 gram) terong ungu, iris membulat setebal 1 cm
- 100 gram ayam yang telah digoreng, suwir-suwir
- 2 lembar daun jeruk
- 1 sendok makan saus tomat
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 50 ml air
- 200 ml air
- 3 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu halus:
- 6 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 4 buah cabai merah keriting
- 3 buah cabai rawit setan merah, gunakan lebih banyak jika ingin pedas

Cara membuat :


Siapkan panci. Masukkan air dan masak hingga mendidih. Masukkan spaghetti dan rebus selama 7 – 8 menit. Angkat dan tiriskan.


Siapkan wajan, tuang minyak dan panaskan. Masukkan bumbu halus dan tumis hingga harum. Masukkan daun jeruk dan aduk sebentar.

Tuang 50 ml air. Masak hingga mendidih dan lanjukan memasak sambil diaduk-aduk hingga air hampir mengering.

Masukkan saus tomat, aduk rata dan masak hingga meletup-letup. Masukkan terong dan ayam yang telah disuwir-suwir.


Aduk rata terong dan ayam hingga terselimut bumbu. Tuang 200 ml air, tambahkan garam dan gula pasir. Masak hingga mendidih sambil di aduk-aduk.

Masukkan spaghetti dan aduk rata. Masak dan aduk-aduk hingga air berkurang setengah dan meresap ke spaghetti. Cicipi rasanya, tambahkan gula dan garam bila kurang pas. Angkat dan sajikan selagi hangat. Nyamm nyammm!

Sumber dan inspirasi :
La Fonte Pasta Bisa, Spaghetti Tongkol Terong Pedas
close