RESEP CARA MEMBUAT HOT CRISPY FRIED CHICKEN ( AYAM GORENG KRISPI )



crispy fried chicken atau bisa disebut ayam goreng krispi yang dibahas kali ini adalah HOT chicken crispy ala restoran cepat saji, berbeda dengan resep cara membuat crispy fried chicken original disini chicken crispy memiliki rasa pedas yang berasal dari bubuk cabai merah tetapi disini dapat disimpulkan bahwa proses pembuatan tidak jauh berbeda dengan resep crispy fried chicken original yang membedakan hanyalah takaran dan penambahan bubuk cabai. 

sama seperti pembahasan crispy fried chicken dan crispy chicken drumstik sebelumnya makanan ini walaupun memiliki nama yang berbeda karena penggunaan bumbu yang membuat makanan berasa pedas menu ini dikategorikan sebagai menu main course dan termasuk dalam junkfood karena memiliki kalori yang tinggi.

silahkan cek resep cara membuat hot crispy fried chicken berikut :




RESEP
CRISPY FRIED CHICKEN



  • BAHAN :
    1. 1 ekor ayam, potong 8 bagian ( 2 dada, 2 sayap, 2 paha, 2 punggung) atau bisa dipotong sesuai selera
    2. 1 Sendok makan bubuk bawang putih (garlic powder)
    3. 4 siung bawang putih diulek hingga halus
    4. 1 sendok teh merica bubuk
    5. 1 sendok teh garam halus 
    6.  minyak untuk menggoreng 
  • bahan pelapis cair
    1. 250 gram tepung terigu
    2. 50 gram tepung maizena ( tepung jagung )
    3. 1 butir kuning telur ( hanya kuning telur ! ) 
    4. 3 sendok teh bubuk cabai merah
    5. ½ sendok makan susu bubuk
    6. ½ sendok teh baking soda
    7. ½ sendok teh merica bubuk
    8. ½ sendok teh garam halus
    9. 350 ml air es 
  • bahan pelapis kering
    1. 350 gram tepung terigu
    2. 70 gram tepung maizena
    3. 1 sendok teh bubuk bawang putih (garlic powder)
    4. 2 sendok teh merica bubuk  
    5. 1 sendok teh garam halus

  • CARA MEMBUAT :
    1. potong ayam menjadi 8 bagian ( 2 dada, 2 sayap, 2 paha, 2 punggung ) ceker , leher ,dan jeroan tidak digunakan.
    2. lalu bumbui semua potongan ayam dengan 1 sendok teh merica bubuk, 1 sendok teh garam halus dan 1 sendok makan bubuk bawang putih dan 4 siung bawang putih diulek halus selanjutnya bumbu yang sudah dicampur dengan potongan ayam diaduk rata lalu diamkan potongan ayam yang sudah dibumbui selama 15 menit sampai bumbu meresap
    3. selanjutnya siapkan bahan pelapis cair, campur 250 gram tepung terigu, 50 gram tepung maizena, ½ sendok makan susu bubuk, ½ sendok teh baking soda, ½ sendok teh merica bubuk, ½ sendok teh garam dan 3 sendok teh bubuk cabai merah lalu aduk rata selanjutnya masukan 1 butir kuning telur dan 350 ml air es aduk kembali hingga tercampur rata, kemudian sisihkan
    4. sekarang siapkan bahan pelapis kering, campur 350 gram tepung terigu , 70 gram tepung maizena, 1 sendok teh bubuk bawang putih (garlic powder), 1 sendok teh merica bubuk dan 1 sendok teh garam halus  lalu diaduk hingga tercampur rata, sisihkan.
    5. setelah itu siapkan potongan ayam yang sudah dibumbui dan didiamkan 15 menit tadi, ambil potongan ayam lalu masukan kedalam campuran bahan pelapis kering selanjutnya celupkan kedalam campuran bahan pelapis cair lalu masukan lagi kedalam campuran bahan pelapis kering sambil remas - remas potongan ayam agar terbentuk rempah - rempah gumpalan tepung, lakukan terus sampai semua potongan ayam terbaluti adonan tepung. (Note : urutan campuran bahan pelapis : pelapis kering ⇢ pelapis cair ⇢ pelapis kering ⇢ sisihkan )
    6. selanjutnya psiapkan minyak dalam jumlah banyak hingga saat digoreng semua potongan ayam terendam dalam minyak dan ayam matang merata setelah siap panaskan minyak lalu goreng ayam dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan setelah matang, angkat lalu tiriskan
    7. sajikan ayam saat masih hangat dengan saus sebagai pelengkapnya


(note : goreng ayam dengan teknik deep frying menggunakan deepfrayer agar ayam matang sempurna dan berwarna kuning kecoklatan, karna terkadang bila menggunakan wajan saat menggoreng ayam, ayamnya sudah berwarna kuning kecoklatan tetapi didalam ayam masih mentah )
close