Cara Membuat Bakso Daging Sapi Asli Gurih Kenyal Dan Lembut

Bakso merupakan jajanan paling favorit saat ini. Inilah petunjuk lengkap bagaimana cara membuat bakso daging sapi asli. Saya jamin kalianpasti bisa membuat bakso sapi yang enak dan kenyal dengan bahan daging sapi asli tanpa campuran apapun dengan mengikuti petunjuk dari resep cara membuat bakso sapi yang saya tulis dari mulai tahap penyiapan hingga bagaimana cara mencetak bakso yang benar. Sehingga setelah beberapa kali mencoba membuat bakso asli ini, maka kalian pasti bisa untuk membuat bakso sendiri.

Cara membuat  bakso sendiri merupakan seni kuliner yang berakar dari budaya kuliner masyarakat tionghoa. Buktinya  berada pada penamaan makanan satu ini: bak-so. Bakso memiliki makna harafiah yakni ‘daging giling’. Dikarenakan Indonesia yang memiliki mayoritas masyarakat beragama Muslim, cara membuat bakso di Indonesia biasanya menggunakan daging yang halal, misal daging sapi, ayam, kambing, ataupun ikan.

Sebelum kalian membuat bakso tentunya juga harus memperhatikan bahan utama bakso ini yakni daging sapi. Secara umum semua jenis daging sapi bisa dibuat bakso, namun tentunya ada beberapa bagian daging sapi yang sangat baik sebagai bahan utama bakso. Untuk dapat membuat bakso daging sapi yang berkualitas dan lezat tentunya anda harus memilih pada bagian paha daging sapi. kalianbisa memilih daging sapi bagian paha kaki depan maupun paha kaki belakang sama bagusnya. Namun demikian saat membeli daging sapi untuk bakso ada baiknya sekalian beli daging tetelan untuk jamuan seluruh keluarga. Berikut ini saya akan mencoba membagikan bagaimana cara membuatnya.

Bahan yang perlu dipersiapkan:
                    Tepung Sagu/Kanji 50 gram
                    Daging Sapi 350 gram
                    Bawang Putih 4 siung
                    Merica 1/2 sdt.
                    Air Es 100 cc
                    Garam 3 sdt.
                    Telur 1 butir

Bahan untuk kuah bakso:
                    Daun Bawang 2 batang (diiris)
                    Bawang Putih 6 siung
                    Garam 3 sdt.
                    Air 2 liter
                    Merica 1/2 sdt.
                    Tulang/Lutut Sapi 600 gram

Untuk membuat kuah bakso sapi, pertama-tama haluskan bawang putih dengan garam dan merica. Setelah itu didihkan air dengan bumbu tersebut, lalu masukkan tulang. Masak hingga mendidih, lalu saring kuahnya.

Cara membuat bakso sapi:
1.                  Pertama-tama, haluskan bawang putih bersama dengan garam dan merica.
2.                  Giling daging sapi hingga halus, lalu campurkan dengan tepung sagu, bumbu halus, air es, serta telur. Aduk dan campurkan hingga rata.
3.                  Panaskan air hingga mendidih. Apabila sudah mendidih, matikan apinya.
4.                  Ambil adonan bakso sesuai selera, lalu bentuk bulat-bulat menggunakan tangan.
5.                  Masukkan bakso secara perlahan ke air. Lakukan hingga adonan habis.
6.                  Nyalakan kembali api dan masak hingga bakso mengapung. Itu tandanya bakso sudah matang. Angkat dan tiriskan.
7.                  Untuk penyajiannya, siapkan mangkuk, tata mie kuning basah dan bakso, lalu tuang dengan kuah. Tambahkan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan daun bawang.
8.                  Bakso sapi super lezat siap dihidangkan!

Selamat mencoba Resep Membuat Bakso Daging Sapi Kenyal dan Kuahnya di atas, jika belum berhasil dalam percobaan pertama, jangan menyerah ya teruskan mencoba sampai berhasil membuat bakso Sapi kenyal yang enak. Dalam membuat bakso memang dibutuhkan jam terbang atau pengalaman sehingga harus terus dilatih.
close