Cara Membuat Jus Sirsak Dan Manfaat Buah Sirsak

Selain untuk dikonsumsi,buah sirsak dikenal dari dahulu akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh yang begitu berlimpah,Hampir dari keseluruhan pohon sirsak termasuk,batang,daun akar dan buah nya bisa dijadikan sebagai obat herbal alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Biasanya buah sirsak dinikmati dengan cara dimakan langsung jika sudah matang,Namun bagi sebagian orang,menikmati buah sirsak bisa diolah terlebih dahulu menjadi jus buah,sirop buah atau juga sebagai campuran es krim buah.

Bahan-bahan untuk membuat jusnya:
v  Sirsak sebanyak 1 buah berukuran sedang. Pilih yang telah matang sempurna.
v  Gula pasir sebanyak 3 sendok makan. Pilih yang rendak kalori agar tidak merusak manfaat jus sirsak Anda.
v  Susu kental manis sebanyak 5 sendok makan.
v  Es batu sebanyak ¾ gelas.
v  Air matang sebanyak 250 ml.

Setelah semua bahan siap, saatnya kita mulai proses pembuatannya. Adapun cara membuat jus sirsak sebagai berikut:
1.      Pertama, kupas buah sirsak dari kulitnya dan pisahkan daging buah dari bijinya.
2.      Kemudian masukkan daging buah sirsak tersebut ke dalam wadah blender bersama dengan susu kental manis dan juga gula pasir. Nyalakan mesin dan tunggu hingga semua bahan halus sempurna.
3.      Tuang jus sirsak ke dalam gelas saji dan tambahkan di atasnya es batu atau es serut.
4.      Jus sirsak kalian sudah siap untuk dinikmati.
Resep olahan jus buah sirsak ini bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan sehingga anda terhindar dari masalah susah buang air besar, sembelit atau konstipasi.

Manfaat dan Khasiat Jus Sirsak untuk Kesehatan
1. Menangkal radikal bebas
Khasiat jus sirsak yang pertama ini bisa menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah ini sangatlah baik sekali bagi kesehatan, salah satunya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan tubuh yang kebal nantinya bisa membantu anda dalam mencegah berbagai macam penyakit yang sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Apabila anda merasakan hal yang tidak enak pada perut anda, bisa saja anda sedang mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Jus sirsak ini merupakan sebuah minuman yang memiliki kandungan serat larut dan juga serat tak larut. Serat tersebut sangatlah baik sekali bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan serat yang ada di dalam tubuh anda yang tentunya berguna untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh.
3. Mencegah osteoporosis
Kandungan kalium dan fosfor yang tinggi di dalam minuman ini sangatlah baik sekali bagi kesehatan tulang. Jus sirsak ini nantinya bisa membantu pembentukan tulang agar menjadi kuat dan bisa mengurangi penyakit tulang yang bisa menyebabkan osteoporosis.
4. Mencegah migrain
Jika anda memiliki masalah migrain, mengkonsumsi jus sirsak ini juga salah satu cara yang bisa anda lakukan. Kandungan senyawa riboflavin di dalam minuman ini sangatlah baik sekali untuk mencegah migrain yang bisa mengganggu anda dan aktivitas anda.

5. Mencegah kanker
Kanker merupakan sebuah penyakit yang sangatlah mematikan. Jika penyakit ini tidak segera diatasi, maka bisa menyebar pada seluruh tubuh. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengkonsumsi jus sirsak yang memiliki kandungan zat fitokimia yang biasanya juga disebut dengan annonaceous acetogenin yang memiliki sifat anti kanker. Tentu kandungan ini bisa mencegah dan menjauhkan anda dari penyakit kanker.

6. Menyehatkan otak
Memiliki otak yang sehat dan cerdas merupakan sebuah impian bagi semua orang. Jus sirsak ini merupakan sebuah minuman yang telah mengandung kandungan folat. Kandungan ini telah dipercaya bisa menutrisi otak. Jadi, bagi anda yang ingin memiliki otak yang sehat, bisa untuk mengkonsumsi jus ini.

7. Meningkatkan kadar kolesterol baik
Jus sirsak ini juga sangatlah baik untuk anda konsumsi karena memiliki kandungan niacinyang. Kandungan tersebut telah dipercaya bisa meningkatkan kadar kolesterol darah dan kemudian bisa mencegah penumpukan kolesterol yang ada di dalam dinding pembuluh darah.

8. Mencegah anemia
Kandungan dari jus sirsak ini juga memiliki manfaat yang sangatlah baik bagi kesehatan anda. Jus ini memiliki kandungan zat besi yang telah dipercaya bisa membantu produksi sel darah merah menjadi lebih lancar. Tentu hal ini sangatlah baik sekali bagi kesehatan, karena bisa mencegah penyakit anemia.

9. Mencegah kram otot
Minuman ini juga bisa anda konsumsi untuk mencegah terjadinya kram pada otot. Kandungan kalium yang ada di dalam sirsak ini sangatlah bermanfaat sekali bagi anda. Kalium tersebut bisa berfungsi bagi anda untuk melakukan kontraksi otot dan bisa mencegah kram otot.

10. Sebagai sumber energi
Buah sirsak ini memiliki kandungan fruktosa yang berguna sebagai sumber energi. Jadi, jika anda ingin menambah energi, bisa untuk mengkonsumsi jus sirsak ini yang memiliki kandungan fruktosa yang merupakan sumber energi bagi tubuh.

Minumlah jus sirsak secara rutin setiap hari untuk mencegah dan mengobati masalah kesehatan seperti diatas, semoga infomasi mengenai manfaat jus buah sirsak diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.
close