RESEP CARA MEMBUAT AYAM ILONI KHAS GORONTALO



ayam bakar khas gorontalo yaitu ayam iloni merupakan kuliner yang hanya bisa ditemukan didaerah gorontalo, yang membedakan ayam iloni ini dengan ayam bakar lainnya adalah bumbu itu sendiri yang dimana ayam iloni dipadukan bersama jinten, jahe, kunyit, bawang merah dan putih serta rempah - rempah lainnya yang membuat ayam iloni menjadi ayam bakar dengan rasa dan tampilan khas gorontalo. 

makanan tradisional seperti ayam biasanya lebih cepat populer karena tampilan dan rasa dari ayam pasti sudah diketahui banyak orang dengan menambahkan tampilan dan penyajian yang terlihat elegant makanan tradisional dari gorontalo ini dapat menggugah selera makan setiap orang yang melihatnya, makanan dengan tema ayam ini dalam menu tradisional indonesia dapat dikategorikan sebagai main course.

silahkan cek resep cara membuat ayam iloni berikut :




RESEP
AYAM ILONI


  • BAHAN : 
    1. 1 ayam kampung utuh, kemudian potong 8 bagian ( 2 dada, 2 sayap, 2 paha, 2 punggung ) atau bisa dipotong sesuai keinginan.
    2. 1 batang serai, kemudian digeprek
    3. 2 lembar daun salam
    4. 2 lembar daun pandan, kemudian diikat
    5. 2 sendok makan air jeruk nipis atau bisa menggunakan 2 sendok makan cuka
    6. 600 ml santan 
    7. minyak goreng secukupnya, untuk menumis 
    8. garam secukupnya
    9. merica secukupnya
  • Bumbu yang dihaluskan :
    1. 6 siung bawang merah, kemudian diiris tipis ( agar mudah dihaluskan )
    2. 5 siung bawang putih, kemudian diiris tipis ( agar mudah dihaluskan )
    3. 6 buah caba rawit, kemudian diiris ( agar mudah dihaluskan )
    4. 5 buah cabai merah, kemudian diiris (agar mudah dihaluskan )
    5. 3 butir kemiri, kemudian disangrai. boleh juga tanpa disangrai
    6. 2 cm kunyit, kemudian dikupas bersih
    7. 1 cm jahe kemudian dikupas bersih
    8. 1 sendok teh jinten
    9. ½  sendok teh garam
    10. ½ sendok teh merica



  • CARA MEMBUAT :
    1.  pertama potong ayam utuh menjadi 8 bagian ( 2 dada, 2 sayap, 2 paha, 2 punggung ) jeroan dan ceker tidak diperlukan atau ayam boleh dipotong sesuai keinginan
    2. setelah itu potongan ayam dimasukan kedalam baskom lalu tuangkan 2 sendok makan air jeruk nipis atau 2 sendok makan air cuka lalu taburi garam dan merica secukupnya didalam baskom aduk hingga bumbu tercampur rata lalu diamkan 5 - 10 menit hingga bumbu meresap.
    3. selagi menunggu ayam dan bumbu meresap, haluskan semua bumbu hingga benar - benar halus ( note : bila menggunakan ulekan gunakan urutan ini agar bumbu benar benar halus : jinten ⇢ jahe ⇢ kunyit ⇢ cabai merah⇢ cabai rawit ⇢ kemiri ⇢ bawang merah, bawang putih⇢ tambahkan ½ sendok teh merica dan garam. )
    4. selanjutnya siapkan wajan tambahkan minyak goreng secukupnya saja untuk menumis, panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga  beraroma wangi, lalu masukan 2 helai daun pandan diikat, 2 lembar daun salam, dan 1 batang serai digeprek. aduk - aduk kembali hingga aroma wangi tercium lalu tuangkan 600 ml santan, aduk - aduk hingga rata kemudian masukan potongan ayam dan masak hingga daging empuk dan kuah mengental. 
    5. sekarang pisahkan ayam dan bumbu sisa memasak ayam ( ingat bumbu sisa memasak ayam jangan dibuang ! ) setelah itu siapkan panggangan olesi panggangan dengan margarine / minyak goreng agar ayam tidak lengket saat dipanggang selanjutnya panggang ayam sambil olesi ayam dengan sisa bumbu yang tadi dimasak, panggang hingga ayam terlihat matang dan berwarna kecoklatan.
    6. setelah ayam matang. ayam iloni dapat disajikan dengan kreasi sendiri.
( Note : disangrai yaitu teknik memasak diwajan tanpa air maupun minyak goreng yang dimana bahan masakan langsung menyentuh wajan, teknik ini digunakan agar membuat makanan menjadi kering dan matang. )
    close